Kapolri Diminta Tindak Tegas Dugaan Oknum yang Jadi Beking Tambang Ilegal

Forumterkininews.id, Jakarta- Anggota Komisi VII DPR RI, Sartono Hutomo meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menindak tegas terkait adanya dugaan oknum pejabat Polri yang menjadi beking tambang ilegal.

Komentar Sartono menyusul video viral Ismail Bolong yang mengaku memberikan uang kepada Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto. Hal ini untuk mempermulus kegiatan tambang ilegal di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

“Saya memandang bahwa pelanggaran hukum merupakan ranah hukum yang harus ditegakkan. Negara ini menjunjung tinggi rule of law. Apabila memang terjadi pelanggaran Polri sebagai lembaga penegak hukum harus memproses pelanggaran tersebut,” kata Sartono dalam keterangannya, Kamis (10/11).

Praktik tambang ilegal itu kata Sartono, sangat merugikan keuangan negara. Termasuk dampak kerusakan lingkungan yang dihasilkan dari aktivitas illegal tersebut.

Sehingga, dengan adanya oknum kepolisian yang membekingi aktivitas penambangan ilegal tidak sesuai dengan marwah Polri. Hal tersebut malah akan memperburuk citra Korps Bhayangkara.

“Seharusnya Kepolisian itu menertibkan adanya penambangan ilegal, bukan malah membekingi, karenanya jika hal ini benar terjadi sungguh miris sekali. Dimana mafia tambang malah dilindungi oleh para penegak hukum,” tandas Sartono.

Tak hanya itu, Sartono juga meminta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk lebih agresif lagi dalam melakukan pengawasan pertambangan ilegal.

“Dengan menerapkan good mining practice yang jadi tupoksi dari inspektur tambang, itu agar pertambangan yang ada di Indonesia lebih sehat dan bebas dari aktivitas ilegal,” tutupnya. 

Artikel Terkait