Kebijakan Baru: Vaksin Lengkap, Tak Perlu Hasil Tes Negatif

Forumterkininews.id, Jakarta – Pemerintah mengeluarkan kebijakan baru terkait Covid-19. Dalam rangka transisi menuju aktivitas normal, pemerintah menetapkan pelaku perjalanan domestik menggunakan transportasi darat, laut, atau udara tak perlu lagi tes antigen atau PCR.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang juga Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut menjelaskan kebijakan tersebut dalam keterangan pers daring terkait hasil rapat terbatas PPKM di Jakarta, Senin (7/3). Menurutnya, kebijakan itu berlaku bagi mereka yang sudah divaksin lengkap.

Selanjutnya, kebijakan secara detail akan ditetapkan dalam Surat Edaran (SE) yang akan diterbitkan oleh kementerian/lembaga terkait dalam waktu dekat.

Selain para pelaku perjalanan, darat, laut, dan udara tak lagi mengharuskan menunjukan bukti tes antigen dan PCR negatif, seluruh kegiatan pertandingan atau kompetisi olahraga sudah diperbolehkan menerima penonton. Syaratnya, sudah melakukan vaksinasi booster dan menggunakan PeduliLindungi.

“Pelaku perjalanan domestik dengan transportasi udara, laut, maupun darat yang sudah vaksinasi dosis kedua dan lengkap, tidak perlu menunjukkan bukti tes antigen maupun PCR negatif,” kata Luhut.

Dijelaskan Luhut bahwa kebijakan pemerintah tersebut dibuat dalam rangka transisi menuju aktivitas normal.

Kapasitas penonton yang diizinkan akan disesuaikan dengan level PPKM daerah. Untuk PPKM level 4 kapasitas hanya 25 persen; level 3 kapasitas 50 persen; level 2 kapasitas 75 persen; dan level 1 kapasitas 100 persen

Luhut memastikan bahwa kebijakan yang diambil pemerintah atas dasar masukan para ahli di bidangnya. Ditambahkan juga, semua peta jalan yang dibuat hingga saat ini tetap diberlakukan dengan prinsip kehati-hatian.

“Dengan tetap menjunjung tinggi prinsip bertahap, bertingkat dan berlanjut,” katanya.

Luhut meminta keterlibatan masyarakat dan edukasi mumpuni pemerintah agar hidup berdampingan bersama Covid-19 nantinya bukan hanya slogan. Ditegaskan, pemerintah memastikan kondisi dan penanganan pandemi Covid-19 saat ini terus membaik.

BACA JUGA:   Menjalin Asmara dengan AI: 'Cinta Platonik' Era Kecerdasan Buatan

Dari data yang ada, tren kasus harian nasional menurun sangat signifikan. Demikian juga dengan kondisi rawat rumah sakit juga menunjukkan penurunan. Sementara tingkat kematian pun makin melandai.

Artikel Terkait

Hasil Survei: Khofifah-Emil Unggul di Pilkada Jatim

FT News – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis survei...

NPWP Bocor, Jokowi: Terjadi Juga di Negara Lain

FT News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons dugaan...

Balas Istana, PDIP: Jet Pribadi, Itu Perjalanan Kebangsaan

FT News – Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah...

Bjorka Kembali, Kali Ini Data NPWP Jokowi Bocor

FT News – Peretas yang sempat membuat geger Indonesia...