Kementan Pastikan Stok Pangan Aman Hingga Lebaran Tahun ini

Forumterkininews.id, Jakarta – Pasokan pangan dipastikan aman selama bulan Ramadan hingga Lebaran mendatang. Hal itu pastikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam rapat kerja di Gedung DPR, Selasa (12/4) sore.

Ia mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir akan pasokan bahan pokok selama momentum ini. Pernyataan Syahrul disampaikan usai melakukan pengecekan 12 komoditas bahan pangan. Mulai dari beras, jagung, kedelai hingga bawang merah, yang semuanya relatif aman.

“Prinsipnya sampai Ramadan dan Idulfitri semua tersedia cukup aman menurut kami. Kami sudah validasi data ini, kami sudah faktualisasi sampai lapangan,” ujarnya.

Sementara untuk beras, jagung, bawang merah, cabai merah, daging ayam, telur ayam dan minyak goreng ketersediaannya dapat dipenuhi. Kabar bagusnya dalah pemenuhan produk tersebu dari produksi dalam negeri.

“Untuk komoditas seperti kedelai, bawang putih, daging sapi dan gula konsumsi pemenuhannya selain produksi dalam negeri juga dari importasi,” jelasnya.

Kementan juga melakukan antisipasi kenaikan harga di bulan Ramadan dan Idulfitri 2022. Antisipasi tersebut ditujukan untuk komoditas kedelai, bawang merah, cabai dan lainnya.

“Rawan terhadap kenaikan harga saat Ramadan dan Idulfitri melalui pendekatan jangka sangat pendek atau sangat darurat. Ramadan dan Idulfitri ada agenda temporary maupun agenda permanen yang kami susun,” terang dia.

Selain itu, Syahrul mengatakan pihaknya juga menyiapkan langkah kerja sama dengan stakeholder terkait untuk mendistribusikan pasokan komoditas pangan strategis dari daerah surplus ke daerah defisit.

“Selain upaya menghadapi Ramadan dan Idulfitri, Kementan juga mengantisipasi masuknya musim kemarau 2022 agar produksi pangan tetap terjaga dengan baik,” ucapnya.

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

DPR Sahkan UU Kementerian, Jumlah Sesuai Kebutuhan

FT News – DPR RI secara resmi telah mengesahkan...

KPPU Duga Lion Air Group Lakukan Monopoli Harga Tiket Pesawat

FT News – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menduga...