Kenapa Harga Makanan di Bandara Lebih Mahal?

FTNews – Sering kita jumpai, harga makanan dan minuman di bandara terkadang jauh lebih mahal ketimbang lokasi-lokasi lain. Padahal, rasa dan penyajiannya sama. Namun harganya bisa 3 kali lebih mahal. Kok bisa, ya?

Melansir sejumlah sumber, ternyata ada beberapa alasan mengapa makanan di bandara seringkali lebih mahal ketimbang dengan harga di luar bandara, lho.

Salah satunya karena harga sewa tempat yang lebih mahal. Itu kenapa, harga produk yang dijual juga lebih mahal. Nah, berikut ini beberapa alasan lain kenapa makanan bandara lebih mahal.

Biaya Operasional yang Tinggi

Restoran dan toko makanan di bandara biasanya harus membayar biaya sewa yang tinggi kepada pihak bandara. Selain itu, biaya operasional lainnya seperti listrik, air, dan biaya tenaga kerja di bandara juga cenderung lebih tinggi. Semua biaya operasional ini dapat menyebabkan harga makanan menjadi lebih tinggi.

Biaya Transportasi dan Logistik

Makanan dan bahan makanan di bandara sering kali harus penjual impor dari luar bandara atau dari tempat-tempat yang jauh. Biaya transportasi dan logistik ini dapat meningkatkan harga bahan makanan, yang kemudian tercermin dalam harga makanan yang mereka jual di bandara.

Kondisi Penjualan 

Di beberapa bandara, terutama di bandara yang lebih kecil atau di mana pilihan restoran terbatas, satu atau beberapa perusahaan mungkin memiliki monopoli atas bisnis makanan dan minuman di bandara tersebut. Kondisi monopoli ini dapat menyebabkan harga dinaikkan tanpa adanya persaingan yang signifikan.

Permintaan Tinggi dan Penawaran Rendah

Bandara seringkali merupakan tempat di mana permintaan terhadap makanan dan minuman cukup tinggi, terutama pada jam-jam sibuk atau saat penumpang sedang menunggu penerbangan. Karena keterbatasan pilihan dan penawaran yang rendah, para penjual memiliki keleluasaan untuk menetapkan harga yang lebih tinggi.

BACA JUGA:   Tarian Poco-Poco Goyang Washington DC

Meningkatnya Biaya Keamanan dan Regulasi

Bandara memiliki aturan dan regulasi yang ketat terkait dengan keamanan dan sanitasi. Ini dapat menyebabkan biaya tambahan untuk memastikan bahwa makanan dan minuman di bandara memenuhi standar keamanan dan kesehatan yang ditetapkan.

Meskipun makanan di bandara lebih mahal, penumpang sering kali memilih untuk membeli makanan di bandara karena kenyamanan dan ketersediaan yang ada. Terutama jika mereka memiliki waktu yang terbatas sebelum penerbangan.

Artikel Terkait