Komisi I: RI Butuh Panglima dari Matra Laut yang Kuat

Forumterkininews.id, Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI Muhammad Farhan menanggapi penunjukan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. Menurutnya, penunjukan Yudo Margono menggantikan Jenderal Andika Perkasa sudah tepat.

Menurut Farhan, Yudo adalah sosok pemimpin militer yang berpengalaman dan sudah malang-melintang di berbagai penugasan. Utamanya di kelautan.

“Indonesia adalah negara maritim yang membutuhkan seorang Panglima TNI yang memiliki penguasaan matra laut yang kuat. Laksamana Yudo Margono sudah membuktikan itu lewat tugas luar biasa sebagai Pangkogabwilhan 1 dan KSAL ” kata Farhan, Selasa (29/11).

Kepemimpinan Jenderal Andika khususnya dalam pembinaan personel katanya,  harus bisa dilanjutkan Laksamana Yudo.

“Pada masa sekarang, kita memerlukan keberlanjutan program pembinaan personel TNI profesional dan netral. Dimana hal ini yang telah dibentuk dasarnya oleh Jenderal Andika,” imbuhnya.

Farhan juga menegaskan bahwa salah satu tantangan Panglima TNI ke depan adalah mengawal program Kementerian Pertahanan mewujudkan Minimum Essential Force (MEF) pada 2024.

“Salah satunya adalah kajian rencana pembelian fregat dari Perancis yang harganya sama dengan produksi 20 unit kapal selam kecil buatan PT PAL,” pungkasnya.

Diketahui, Surat Presiden (Surpres) yang berisikan suksesor Jenderal Andika Perkasa ini dikirim Mensesneg Pratikno dan diterima Pimpinan DPR, Senin (28/11). Selanjutnya, sebagai calon terpilih, Yudo akan mengikuti uji kelayakan dengan Komisi I.

Artikel Terkait