Kondisi Gedung DPR Malam Ini: Pelajar STM Bakar Flare hingga Bawa Bambu

FT News – Aksi unjuk rasa kawal putusan MK yang dilakukan sejumlah elemen masyarakat pada hari ini, Kamis (22/8/2024) di Gedung DPR terus berlangsung hingga sore menjelang malam hari.

Pantuan dari FT News, sekitar pukul 18:40 WIB, sejumlah massa yang terlihat kenakan pakaian STM datang menuju ke gedung DPR/MPR.

Para pelajar STM ini membawa bambu-bambung panjang hingga membakar flare. Massa berlarian menuju ke gedung DPR.

Sebelumnya, sekitar pukul 17:40 WIB, polisi menembakkan gas air mata sehingga membuat massa pendemo yang terdiri elemen seperi mahasiswa mundur ke arah Senayan.

 

Gas air mata yang ditembakkan polisi sudah menyebar hingga hingga radius 200 meter dari gedung DPR.

Sementara laporan dari jurnalis FT News Adinda Ratna Safira di lokasi, bentrok sempat terjadi di gedung DPR pasca salah satu pagar depan berhasil dibobol oleh massa aksi.

Polisi kemudian menembakkan water cannon untuk membubarkan massa aksi. Dari video terbaru jurnalis FT News, sejumlah massa coba masuk ke jalan tol dalam kota dan melakukan aksi bloade.

Pada pukul 17:00 WIB sejumlah massa pendemo membakar ban dan membongkar pembatas jalan hingga menyebabkan sejumlah kendaraan harus memutar balik.

Keputusan judicial review Mahkamah Konstitusi (MK) terkait undang-undang Pilkada berlaku setelah DPR memutuskan untuk tidak melanjutkan rencana pengesahan revisi UU Pilkada.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memastikan pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) pilkada batal dilaksanakan dan Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal pilkada akan berlaku.

Politisi Gerindra itu memastikan pada saat pendaftaran calon kepala daerah untuk pilkada pada 27 Agustus 2024 bakal menerapkan putusan dari MK.

“Yang akan berlaku adalah keputusan JR (judicial review) MK yang mengabulkan gugatan Partai Buruh dan Partai Gelora,” kata Dasco dalam akun resmi media sosial X.

Artikel Terkait