Kuliner Penajam Paser Utara Lokasi IKN, Jenderal Mabuk hingga Gula Jengkol

FTNews – Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur lokasi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), menyimpan banyak pesona.

Kabupaten termuda kedua di Kalimantan Timur ini juga banyak memiliki potensi wisata seni dan budaya. Selain punya potensi wisata mengagumkan. Tak ketinggalan juga makanan khasnya. Mengutip @kemenpupr berikut ini di antaranya:

Kue Jenderal Mabuk

Namanya memang terkesan unik. Kue ini rupanya terbuat dari susu, telur dan gula ini memiliki tekstur yang cenderung lunak.

Masyarakat bisa dengan mudah menemukan kue Jenderal Mabuk ketika bulan Ramadan tiba.

Ponta. Foto: Cookpad
Ponta

Ponta atau podangan ketan terbuat dari olahan padi ketan muda dicampur gula merah dan serutan kelapa yang disangrai. Alhasil, ponta memiliki perpaduan rasa yang manis dan gurih.

Dempo duyan. Foto: Dapur Borneo
Dempo Duyan

Makanan tradisional yang berbentuk tipis dan kecokelatan ini diolah dari durian asli. Tanpa ada bahan tambahan lain.

Bagi pencinta durian, jangan lupa membeli oleh-oleh dempo duyan khas Kabupaten Penajam Paser Utara.

Cimi-cimi. Foto: Cookpad
Cimi-cimi

Panganan ini terbuat dari bahan yang sederhana yaitu tepung terigu dan telur. Cemilan berbentuk pipih dan panjang ini cocok menjadi pelengkap saat minum kopi atau teh.

Gula jengkol. Foto: istimewa
Gula Jengkol

Memang, bentuknya seperti jengkol. Gula merah khas Penajam Paser Utara ini terbuat dari nira tandan buah pohon kelapa pada umumnya. Oleh-oleh gula jengkol banyak dijual di pasar Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kamu tertarik mencobanya?

Artikel Terkait