Lagi, Pemprov DKI Raih Penghargaan dari KIP

Forumterkininews.id, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta kembali meraih penghargaan sebagai Pemerintah Daerah Berkualifikasi Informatif dari Komisi Informasi Pusat (KIP) RI.

Pemprov DKI Jakarta berhasil mempertahankan prestasi selama 4 tahun dalam hal Keterbukaan Informasi Publik sejak tahun 2018.

Pemprov DKI Jakarta meraih penghargaan sebagai Pemda Berkualifikasi Informatif berdasarkan sejumlah indikator.

Penghargaan tersebut disampaikan Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dalam acara Penganugerahan KIP tahun 2021 yang diselenggarakan secara virtual pada Selasa (26/10).

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan yang menerima penghargaan tersebut menyampaikan terima kasih dan apresiasinya atas peran dari Komisi Informasi Pusat dan Daerah Provinsi DKI Jakarta yang berkolaborasi dalam membantu Provinsi DKI untuk memberikan informasi dengan cepat, tepat kepada masyarakat.

“Kolaborasi yang baik antarbadan publik, yaitu Pemprov DKI Jakarta, Komisi Informasi, dan masyarakat sangat krusial untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik,” kata Anies di Balai Kota DKI, Selasa.

Sepanjang tahun 2021, Pemprov DKI Jakarta terus mengembangkan inovasi dan kolaborasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi yang cepat dan akurat agar memutus penyebaran Covid-19.

Meski dalam situasi pandemi Covid-19, Pemprov DKI Jakarta tetap melaksanakan pelayanan informasi publik secara optimal, baik secara langsung dengan prokes yang ketat.

Untuk melaksanakan layanan informasi publik, Pemprov DKI Jakarta juga memiliki tim yang melaksanakan tugas pelayanan informasi publik setiap harinya untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi yang optimal untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 di Jakarta.

Adapun, Inovasi lainnya adalah menyediakan kanal aduan dan klarifikasi melalui kanal Jakarta Lawan Hoaks (JalaHoaks) pada website : jalahoaks.jakarta.go.id dan akun media sosial Instagram dengan ID: Jalahoaks.

Tak hanya meningkatkan inovasi, Pemprov DKI Jakarta juga melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak guna menyebarluaskan informasi, seperti pembentukan Satgas Covid-19 di tingkat RW, kolaborasi dengan influencer dalam penyebarluasan informasi program vaksinasi di media sosial. Selain itu, berkolaborasi dengan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) untuk memberikan akses informasi menggunakan bahasa isyarat pada kegiatan konferensi pers dan kegiatan lainnya.

BACA JUGA:   Terkait Renovasi Gedung Sekolah, Menko PMK akan Diskusi Dengan PUPR

Artikel Terkait