Lakukan Ini Agar Keterampilan Berpikir Kritis Kamu Meningkat!

Forumterkininews.id, Jakarta – Pesatnya perkembangan teknologi membuat informasi tersebar dengan cepat setiap harinya. Hal ini membuat informasi atau berita palsu meluas di media sosial.

Inilah sebabnya kemampuan untuk mencari bukti, sumber informasi dan berpikir kritis menjadi penting dari sebelumnya. Oleh karena itu berpikir kritis adalah salah satu keterampilan yang penting untuk dikembangkan.

Melansir forbes.com, berpikir kritis bukanlah tentang terus-menerus bersikap negatif atau krtis terhadap segala sesuatu. Ini tentung objektivitas dan memiliki pikiran yang terbuka dan ingin tahu.

Berpikir kritis berarti ingin tahu dan menganalisis masalah berdasarkan bukti kuat untuk membangun pemahaman menyeluruh tentang apa yang sebenarnya terjadi. Pemahaman inilah yang akan membantu kamu untuk mengambil keputusan yang lebih baik dan menyelesaikan masalah dengan lebih efektif.

Berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan berpikir kritis.

Periksa informasi dengan hati-hati. Selalu periksa informasi baru dengan hati-hati, baik itu artikel yang dibagikan secara online maupun bukan.

Perhatikan sumber informasi. Lihat dari mana informasi itu berasal. Cari tahu apakah sumbernya dapat dipercaya atau tidak.

Pertimbangkan lebih dari satu sudut pandang. Setiap orang memilik pendapat dan motivaasinya sendiri, bahkan orang yang sangat cerdas dalam membuat argumen yang masuk akal memiliki pendapat dan bias pribadi yang membentuk pemikiran mereka. Jadi ketika seseorang memberikan informasi, pertimbangkan apakah ada sisi lain dari cerita tersebut.

Kumpulkan informasi tambahan jika diperlukan. Setiap kali kamu mengidentifikaasi celah dalam informasi atau data, lakukan penelitian sendiri untuk mengisi celah tersebut.

Ajukan banyak pertanyaan. Keingintahuan adalah ciri utama pemikir kritis, jadi salurkan banyak pertanyaan yang ingin kamu ketahui jawabannya.

Temukan sumber informasi sendiri. Cari sumber informasi kamu sendiri yang memiliki reputasi baik, terpecerya, dan valid seperti situr berita terkemuka, organinasi nirlaba, lembaga pendidikan, dan para ahli. Hindari sumber anonim atau sumber dengan informasi yang belum tentu kebenerannya.

BACA JUGA:   Artis Bobby Joseph Diringkus Akibat Terlibat Narkoba!

Berlatih menjadi pendengar yang baik. Dengarkan baik-baik apa yang orang lain katakan kepada kamu, dan cobalah untuk membangun gambaran yang jelas tentang prespektif mereka.

Empati adalah keterampilan yang sangat berguna pada kondisi ini karena menempatkan diri kamu pada posisi orang lain dapat membantu kamu memahami mereka. Cobalah untuk mendengarkan tanpa menghakimi karena pemikiran kritis adalah tentang menjaga pikiran tetap terbuka.

Berpikir kritis berarti sampai pada kesimpulan kamu sendiri yang telah dipertimbangkan dengan hati-hati alih-alih menerima informasi begitu saja. Mengembangkan pikira  kritis tentunya akan membantu kamu nanti di masa depan.

Artikel Terkait