Libur Nataru, Tol Solo-Jogja Ruas Colomadu-Karanganom Dioperasikan Fungsional

Kabar gembira bagi pemudik yang akan menuju Yogyakarta melalui Kawasan Solo, Jawa Tengah (Jateng). Pasalnya, ruas jalan tol Solo-Yogyakarta ruas Colomadu (Surakarta)-Karanganom (Klaten) akan berfungsi saat liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 mendatang.

Menurut rencana, jalan tol sepanjang 13 kilometer tersebut akan mulai dibuka 22 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024. Sebelum akan dioperasikan, Penjabat Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana mengecek kesiapan ruas tol tersebut.

“Kita masih ada waktu, nanti Kementerian PUPR dengan Dinas Perhubungan akan bekerja sama, koordinasi, untuk memasang kelengkapan rambu-rambu jalan,” katanya, Kamis (14/12/2023).

Berdasarkan pantauan, di sejumlah ruas titik jalan tol sudah bisa dilintasi. Meski begitu, masih perlu penambahan rambu, seperti rambu petunjuk, patok pengarah sementara, dan pembatas beton.

Untuk difungsikan pada libur Nataru, tol akan dibuka satu ruas.

Dia merinci, nantinya pengoperasionalan fungsional dimulai pada 22 Desember hingga 31 Desember 2023, yakni tol dibuka dari arah Colomadu menuju Karanganom Klaten.

Sementara, untuk arah sebaliknya dibuka pada 1 hingga 3 Januari 2024. Adapun waktu fungsional jalan tol dibuka mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

“Hanya dibuka hingga pukul 17.00 WIB saja, karena pertimbangan penerangan jalan,” ujarnya.

Nana mengemukakan, jalan tol ruas Colomadu-Karanganom memang sengaja dioptimalkan penggunaannya pada libur Nataru.

Ia berharap dengan dibuka secara fungsional tol di ruas Colomadu bisa memperlancar arus lalu lintas Solo-Yogyakarta yang selama ini dikenal padat.

“Akan kita optimalkan, sehingga masyarakat bisa menggunakan dengan ada rasa nyaman,” katanya.

Tak hanya itu, ia mengingatkan kepada pengendara yang akan melintasi ruas jalan tol tersebut agar berhati-hati karena pengerjaan jalan masih ada yang belum selesai.

Artikel Terkait

Tarung Derajat PON XXI Aceh-Sumut 2024 Resmi Digelar

FTNews, Banda Aceh--- Cabang olahraga bela diri asli Indonesia,...

Gercep Polisi Gagalkan Rencana Tawuran Bersajam, Puluhan Remaja Ditangkap

FTNews, Kota Semarang--- Lagi-lagi tawuran. Kali ini terjadi di...

Jelang Peparnas XVII: Jateng Optimis Bakal Juara Umum lagi

FTNews, Surakarta – Penjabat Gubenur Provinsi Jawa Tengah, Nana...