Masuk Thailand, Turis Asing Wajib Bayar Rp133 Ribu

Forumterkininews.id, Bangkok – Kabinet Thailand telah menyetujui proposal Komite Kebijakan Pariwisata Nasional untuk membebankan biaya pariwisata sebesar 300 baht (Rp133 ribh) per orang untuk setiap turis asing yang tiba di negara tersebut melalui udara.

Wakil  juru bicara Kantor Perdana Menteri Traisulee Traisoranakul pada Rabu, (15/2) juga menyebut untuk pelancong yang datang melalui darat atau laut, biayanya 150 baht per orang,

“Biaya yang terkumpul akan digunakan untuk mengelola dan mengembangkan pariwisata, termasuk asuransi bagi wisatawan internasional selama mereka tinggal di Thailand,” kata Traisulee dikutip CNA.

Ia melanjutkan, wisatawan akan dibebaskan dari biaya pariwisata jika mereka memegang paspor diplomatik atau dinas, atau izin kerja. Penumpang transit dan anak-anak berusia dua tahun ke bawah juga akan dikecualikan.

Kabinet juga menginstruksikan Biro Imigrasi untuk meninjau kembali aturan, peraturan dan ketentuan visa. Serta undang-undang imigrasi terkait, mengingat persyaratan baru untuk mengenakan biaya pariwisata.

“Perubahan harus mencakup  bukti pembayaran biaya sebagai bagian dari proses imigrasi,”imbuhnya.

Mengutip sebuah studi oleh kementerian pariwisata dan olahraga Thailand, Traisulee mengatakan Thailand adalah negara pertama di dunia yang memungut biaya pariwisata. Namun pada saat yang sama Thailand juga memberikan tunjangan kesejahteraan bagi wisatawan, termasuk perlindungan asuransi kecelakaan diri.

Dia menambahkan, uang yang dikumpulkan dari  biaya pariwisata akan membantu mengurangi beban keuangan pemerintah Thailand. Dimana diperkirakan menghabiskan sekitar 300 juta hingga 400 juta baht per tahun untuk menyediakan layanan kesehatan bagi wisatawan.

Pengeluaran lain yang dikeluarkan oleh pemerintah meliputi  pelestarian  tempat wisata, lingkungan dan sumber daya alam yang terkena dampak kegiatan pariwisata. Biaya pariwisata akan mulai berlaku tidak lebih cepat dari 90 hari setelah diumumkan di Royal Gazette.

BACA JUGA:   Krisis Keuangan, Sri Lanka Keluarkan Kebijakan Pemadaman Listrik Bergilir

Industri pariwisata Thailand yang baru pulih dari pandemi COVID-19 hanya mencatatkan sekitar 430.000 kunjungan wisatawan pada 2021.  Lebih dari 11 juta kedatangan turis internasional tercatat antara Januari dan Desember tahun lalu. Ini terjadi setelah Thailand mencabut pembatasan perjalanan terkait COVID mulai 2021.

 

Artikel Terkait

Fadly Faisal: Mau Nangis Berdarah pun Akan Tetap Gue Lanjut!

FT News - Memang, media sosial adalah sebuah platform yang...

Detik-detik Pengemudi Mobil Kebut-kebutan Hingga Nyungsep di Kolong Truk

FT News - Sebagai pengguna kendaraan, kita harus mengemudi dengan...

Rahasia Panjang Umur Orang Jepang, Konsumsi Makanan Ini

FT News – Jepang dikenal sebagai negara dengan populasi...