Melalui Program SPSK, Menaker Lepas 100 PMI ke Arab Saudi

Forumterkininews.id, Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah melepas 100 Pekerja Migran Indonesia (PMI). Mereka berangkat melalui Program Sistem Penempatan Satu Kanal (SPSK).

“Kalau teman-teman menunjukkan performa luar biasa, berarti teman-teman ini pejuang bagi pekerja migran berikutnya,” kata Menaker Ida Fauziyah.

“Berarti teman-teman semua ini membuka jalan untuk penempatan berikutnya,” tambahnya.

Dia mengatakan PMI sektor domestik tahap pertama itu akan bekerja di Kerajaan Arab Saudi. Sebanyak 31 PMI direncanakan bertolak menuju Arab Saudi pada 25 Juni 2023.

Menaker mengemukakan SPSK merupakan mekanisme penempatan PMI yang difasilitasi menggunakan platform digital dan terintegrasi. Antara sistem ketenagakerjaan milik Pemerintah Indonesia dan sistem ketenagakerjaan milik Pemerintah Arab Saudi.

Kerja sama bilateral pengaturan teknis proyek percontohan SPSK bagi penempatan terbatas PMI ke Arab Saudi telah ditandatangani pada 11 Agustus 2022.

Menaker Ida Fauziyah meminta kepada Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) untuk tidak memberangkatkan pekerja migran tanpa adanya keterampilan yang tersertifikasi.

“Karena proses penciptaan keterampilan bersertifikasi itu sama dengan memberikan perlindungan kepada pekerja migran. Serta mewujudkan pekerja migran berkualitas, memiliki keahlian dan keterampilan,” lanjutnya diberitakan Antara.

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

DPR Sahkan UU Kementerian, Jumlah Sesuai Kebutuhan

FT News – DPR RI secara resmi telah mengesahkan...

KPPU Duga Lion Air Group Lakukan Monopoli Harga Tiket Pesawat

FT News – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menduga...