Mengintip Suasana Jelang Imlek di Petak Enam Glodok

FTNews -Dalam hitungan hari, seluruh dunia akan merayakan Tahun Baru China atau Tahun Baru Imlek. Salah satunya, masyarakat Tionghoa yang berada di Indonesia, lebih tepatnya di Glodok, Jakarta Barat.

Glodok memang sudah sangat terkenal dengan istilah “Pecinan” atau “Chinatown” karena masyarakat Tionghoa yang mendominasi di daerah ini. Tentu hal ini menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat di luar etnis Tionghoa untuk berwisata budaya di daerah ini.

Salah satu lokasi yang menjadi tujuan wisata di Glodok adalah Petak 6.

Petak 6 menyajikan wisata kuliner seperti kuliner khas Nusantara, dan yang paling utama adalah kuliner khas China.

Sambut Imlek di Petak Enam
Keramaian pengunjung Petak Enam, Glodok. Foto: FTNews/Ario Vallentino Syahgatra

Pantauan FTNews pada Kamis, (8/2) sekira pukul 13.00 WIB, Petak 6 terlihat sangat ramai oleh pengunjung.

Meja-meja yang mereka sediakan untuk masyarakat umum memesan makan dan minum terlihat terisi penuh oleh pengunjunh. Banyak yang terlihat juga membawa keluarga mereka untuk menikmati kuliner di Petak 6.

“Iya ini rame banget. Tadi aja kita sampe muter-muter dulu buat nyari parkir. Untung ada yang keluar, jadi bisa langsung parkir,” keluh seorang pengunjung bernama Bohyong. 

Namun, hal itu tidak menurunkan semangat wisata kuliner Bohyong setelah kesulitan mencari tempat parkir dan meja makan yang kosong.

Berbagai macam kuliner bertemakan masakan China dapat ditemukan di sini. Mulai dari Laksa, Kwetiau Gosong, Pao, Ci Cong Fan, dan lain sebagainya.

Salah satu kedai penjual donat di Petak Enam, Glodok. Foto: FTNews/Ario Vallentino Syahgatra

Karena sudah mendekati Imlek, suasana Petak 6 menjadi bernuansa merah yang identik dengan Tahun Baru China ini. Seluruh kedai makanan terlihat buka dan ramai oleh para pengunjung.

“Kita selama Imlek tetap buka (kedai makanan). Bahkan nanti bakalan ada karaoke bersama juga setiap jam setengah 7 sampe jam 9 malem,” ungkap seorang pedagang di Petak 6. 

BACA JUGA:   Ini Dugaan Penyebab Tewasnya Pebulutangkis China!

Tak cuma itu, dalam rangka menyambut Imlek juga, Petak 6 mengadakan karaoke Mandarin bersama mulai pada pukul 18.30 hingga 21.00.

Para pengunjung dapat menukarkan struk pembayaran untuk bernyanyi di depan pengunjung lainnya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Artikel Terkait