Menko PMK: Usulan Mendagri Naik Pesawat Cukup Antigen

Forumterkininews.id, Jakarta – Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa tes PCR tidak lagi menjadi syarat naik pesawat. Bagi masyarakat yang ingin berpergian dengan transportasi udara, cukup menunjukan tes antigen Covid-19.

“Untuk perjalanan akan ada perubahan yaitu untuk wilayah Jawa dan Bali, perjalanan udara tidak lagi mengharuskan menggunakan tes PCR,” kata Muhadjir Effendy dalam konferensi pers, Senin (1/11/2021).

Ketentuan baru ini berdasarkan usulan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Sebelumnya Pemerintah mewajibkan tes PCR sebagai syarat untuk bisa berpergian dengan pesawat terbang.

“Cukup menggunakan tes antigen sama dengan yang diberlakukan untuk wilayah luar Jawa-Bali sesuai dengan usulan dari bapak Mendagri,” ucapnya.

Ia menuturkan ada kenaikan kasus Corona di 131 kabupaten dan kota. Selain itu juga mewaspadai lonjakan kasus usai Natal dan Tahun Baru. Untuk itu, Pemerintah tengah menyiapkan aturan-aturan baru untuk membatasi mobilitas masyarakat, salah satunya cuti bersama dihapus.

“Periode nataru akan diantisipasi oleh seluruh kementerian dan lembaga terkait dengan mengupdate aturan-aturan yang diperlukan untuk mencegah penularan COVID-19 dan penyebarannya. Di mana aturan tersebut adalah mengenai pergerakan orang, lokasi wisata, pertokoan, tempat peribadatan dan lain-lainnya,” ucap Muhadjir.

Seperti diketahui, sebelumnya untuk perjalanan transportasi udara Jawa Bali menggunakan tes PCR H-3. Hal ini menimbulkan pro-kontra di masyarakat. Banyak yang keberatan dengan ketentuan tersebut.

Artikel Terkait

Hasil Survei: Khofifah-Emil Unggul di Pilkada Jatim

FT News – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis survei...

NPWP Bocor, Jokowi: Terjadi Juga di Negara Lain

FT News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons dugaan...

Balas Istana, PDIP: Jet Pribadi, Itu Perjalanan Kebangsaan

FT News – Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah...

Bjorka Kembali, Kali Ini Data NPWP Jokowi Bocor

FT News – Peretas yang sempat membuat geger Indonesia...