Mudik 2024, Pemudik: Alhamdulillah Dikasih Sehat, Jadi Bisa Pulang

FTNews – Suara knalpot bus mulai menggema sejak pukul 08.00 WIB ketika FTNews tiba di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. H-9 menjelang Hari Raya Idulfitri, penumpang mudik 2024 mulai berangkat lebih awal.

Pemudik mulai memadati terminal bus Kampung Rambutan sejak pagi, padahal bus baru berangkat ke lokasi tujuan pada pukul 12.00 WIB. Waktu tunggu ini ditetapkan oleh Perusahaan Otobus (PO) Bus.

Sudirman bersama anak dan cucunya baru bisa kembali pulang kampung menuju Lampung, setelah sekian tahun. Alasannya, pekerjaan sebagai karyawan tidak bisa tinggalkan.

“Saya jarang pulang kampung. Alhamdulillah dikasih kesehatan, jadi baru mau pulang setelah lima tahun ga pulang. Ini pulang bareng anak dan cucu saya,” ungkap Sudirman kepada FTNews, Senin (1/4).

Ia mengaku menyiapkan mudik 2024 ini sejak jauh hari. Dia memesan tiket PO Bus Rona Indah secara online melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp.

“Dari awal puasa saya sudah pesan. Mumpung ada waktu dan umur panjang, jadi bisa pulang,” tambahnya.

Pria yang tinggal di Bogor ini sudah menunggu bus sejak pukul 09.00 WIB. Ia mengaku bus yang akan mengangkutnya akan berangkat pukul 12.00 WIB.

Mudik 2024
Petugas tiket tengah mengecek ulang pemesanan penumpang di pusat pelayanan penumpang Terminal Kp. Rambutan, Jakarta Timur, Senin (1/4). Foto: FTNews/Muhamad Nur Alfiyan

Tujuan Sumatera

Senada Sudirman, penumpang menuju Sumatera lain akan pulang menuju Palembang. Faris (16) mengaku tujuannya pulang ke kampung halaman untuk temu kangen dengan keluarga.

Dia pulang ke Palembang bersama tiga teman lainnya yang merupakan siswa SMA di Bogor. Pada masa mudik 2024, mereka mendapatkan waktu libur Lebaran hingga tiga minggu.

“Saya kan statusnya masih pelajar, jadi setiap liburan ya pulang ke kampung,” ujar Faris.

PO Bus yang ia tumpangi berangkat pukul 10.00 WIB, namun Faris telah sampai Terminal Kampung Rambutan sejak 6.30 WIB.

BACA JUGA:   Air Laut Naik 1 Cm, Tebal Salju Puncak Jaya Turun 4 Meter

Terkait, antisipasi keamanan barang ketika perjalanan mudik 2024, Faris mengatakan dirinya meningkatkan kewaspadaan dan senantiasa mencurigai tindakan aneh dari penumpang lain.

“Tapi Alhamdulillah belum pernah dicuri,” tutup Faris.

Artikel Terkait