Panglima TNI: Maruli Pantas Jabat Pangkostrad

Forumterkininews.id, Jakarta- Panglima TNI Jendral Andika Perkasa resmi menujuk Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang kini menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

“Jadi penunjukan Maruli benar-benar sesuai dengan penilaian secara profesional dan memang sangat pantas juga menjadi Pangkostrad,” kata Jendral Andika kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin (24/1).

Ia mengatakan bahwa banyak jenderal bintang tiga TNI yang bisa menduduki jabatan Pangkostrad. Penunjukan seseorang untuk mengisi jabatan itu, menurutnya, disertai beberapa aspek penilaian. Salah satunya, latar belakang Maruli yang pernah menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana.

Ia menjelaskan jadi mereka-mereka yang eligible, bintang tiga itu banyak dan sekian banyak juga mereka melalui beberapa jabatan.

“Jabatan pangdam itu sebetulnya adalah salah satu penilaian, aspek penilaian, apakah pada saat menjabat ini ada sesuatu yang kemudian membuat yang bersangkutan layak,” sambungnya.

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Prantara Santosa dalam keterangannya, di Jakarta, Sabtu (22/1), mengatakan, promosi dan mutasi Pati TNI itu tertuang dalam Keputusan nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang ditandatangani Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Dari 328 Perwira Tinggi TNI yang mendapatkan jabatan baru tersebut, 28 di antaranya masuk ke dalam jabatan satuan-satuan baru TNI (diamanatkan dalam Perpres no. 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI) seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI.

Sedangkan 10 Jabatan Perwira Tinggi Bintang 3 (Tiga) dalam Keputusan Panglima TNI tersebut, adalah Pangkogabwilhan 3 (dijabat oleh Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa), Danjen Akademi TNI (dijabat oleh Letjen TNI Bakti Agus Fadjari), Wakasad (dijabat oleh Mayjen TNI Agus Subiyanto), Pangkostrad (dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak), Dankodiklatad (dijabat oleh Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono), Pangkoarmada (dijabat oleh Laksdya TNI Agung Prasetiawan), Dan Pushidrosal (dijabat oleh Laksdya TNI Nurhidayat), Dan Kodiklatal (dijabat oleh Mayjen TNI Mar Suhartono), Pangkoopsudnas (dijabat oleh Marsdya TNI Andyawan Martono), dann Kodiklatau (dijabat oleh Marsda TNI Nanang Santoso).

Artikel Terkait