PDIP Siap Tentukan Sikap Politik Usai Rakornas Bulan Mei

FTNews – PDI Perjuangan (PDIP) bakal menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang akan berlangsung pada 24-26 Mei 2024.

Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto menyebut, salah satu poin pembahasan dalam rakonas adalah mengenai sikap dan arah strategis partai. Usai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai hasil sengketa Pilpres 2024.

“Di sanalah PDIP akan bersidang, akan bermusyawarah melihat a, b, c, d, dinamika masa depan,”ujarnya di Jakarta, Senin (22/4).

Termasuk keputusan apakah akan berada di luar atau dalam pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Kamu juga akan memberi usulan ke Ketua Umum PDIP. Untuk kemudian di sana PDIP akan menentukan sikap politiknya akan berada atau di luar pemerintahan,” imbuhnya.

Dalam rakornas tersebut, PDIP juga akan membahas sejumlah isu strategis.

“Bagaimana memitigasi berbagai persoalan ekonomi, pangan, energi, politik luar negeri akibat pertarungan geopolitik,”imbuh Hasto.

Dia menambahkan, Megawati Soekarnoputri mempunyai hak prerogatif selaku ketua umum partai.

“Ibu Megawati Soekarnoputri selaku ketua umum, pemegang hak prerogatifuntuk kemudian di sanalah akan menentukan sikap politiknya, akan berada atau di luar pemerintah,”tandasnya.

Sehingga, lanjutnya, apapun keputusan Megawati, maka seluruh kader PDIP harus siap.

“Jadi apapun keputusan Ibu Megawati Soekarnoputri kelak, maka seluruh kader PDI Perjuangan akan siap. Berada maupun di luar pemerintahan,” pungkasnya.

Artikel Terkait