Pembangunan Rest Area Tol Tangerang-Merak Masuk Tahapan Pembebasan Lahan

FTNews – Proyek pembangunan rest area KM 97A di Jalan Tol Tangerang-Merak saat ini memasuki tahapan pembebasan pengadaan tanah dan pembahasan pengelolaannya untuk waktu mendatang.

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Banten Virgojanti mengatakan, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak dalam proses pembebasan lahan.

“Baru saja saya bersama dengan Kepala Dinas PRKP Provinsi Banten menghadiri rapat koordinasi terkait alokasi tanah untuk rest area KM 97A yang terletak di Kota Cilegon,” ungkap Virgojanti, baru-baru ini.

Ia mengemukakan, rencana pembangunan holding rest area KM 97A Jalan Tol Tangerang-Merak tersebut bertujuan mengatasi permasalahan kemacetan pada saat hari libur nasional dan keagamaan.

Terutama, ketika masyarakat ingin melakukan penyebrangan ke Pulau Sumatera.

“Untuk mengantisipasi itu, awalnya pemerintah membutuhkan area buffer zone untuk menyangga masyarakat yang akan menyebrang. Sehingga bisa beristirahat terlebih dahulu atau yang lainnya,” katanya.

Virgojanti mengemukakan bahwa holding rest area KM 97A Jalan Tol Tangerang-Merak tersebut, nantinya pembebasan lahan akan dilakukan oleh Pemerintah Pusat.

“Tinggal ke depan bagaimana konsep pengelolaannya, karena di rest area itu harus mampu memenuhi kebutuhan apa saja yang diperlukan. Tentu ini tidak bisa dikerjakan oleh sendiri, akan tetapi perlu kerja sama,” katanya.

Selain akan digunakan sebagai buffer zone, holding rest area KM 97A Jalan Tol Tangerang-Merak dapat digunakan sebagai area filterisasi terkait dengan permasalahan kendaraan yang Over Dimension Overload (ODOL), serta area service yang dapat digunakan oleh masyarakat dalam menjaga keselamatan.

“Mudah-mudahan nanti dengan langkah yang disampaikan oleh Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR ini, ke depan stakeholder yang dibutuhkan untuk pemanfaatan rest area akan dilakukan rapat lebih lanjut. Setelah lahan dibebaskan tentu diharapkan dapat segera dibangun dan dimanfaatkan,” katanya.

Artikel Terkait

Pj Gubernur Banten Al Muktabar Beberkan Empat Fokus APBD 2025

FTNews, Serang--- Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan,...

Rizki Juniansyah Sumbang Emas untuk Banten dan Pecahkan Sejumlah Rekor Nasional

FTNews---  Lifter nasional asal Provinsi Banten, Rizki Juniansyah, berhasil...

Penyerapan Pajak Kota Tangerang Meningkat Drastis PBB-P2 97,3% dan BPHTB 105,8%

FTNews--- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali mencatatkan tren positif...