Pemerintah Bersinergi Selesaikan Permasalahan Pembangunan Huntap di Palu

Forumterkininews.id, Palu – Pemulihan pascabencana di wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng) masih terus berlangsung. Pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN optimistis menyelesaikan pembangunan Hunian Tetap (Huntap) Tondo 2 yang ditargetkan rampung akhir Februari 2022. Hal ini sesuai arahan Wakil Presiden, Ma’ruf Amin.

Hal tersebut terkuak usai Rapat Koordinasi Penyelesaian Lahan Hunian Tetap yang dipimpin oleh Wamen ATR/Waka BPN, Surya Tjandra; Wamen PUPR, John Wempi Wetipo; serta Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, M Faizal Mang. Rapat Koordinasi dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Sulteng pada Jumat (7/1) lalu.

Surya Tjandra mengatakan rapat ini sesuai arahan Wapres mengenai percepatan penyelesaian Huntap bagi masyarakat terdampak bencana di Provinsi Sulteng.

“Ini arahan yang harus segera diselesaikan. Kami dari Kementerian ATR/BPN memiliki tugas pengadaan tanah. Tapi kita bersama perlu sepakati langkah-langkah penyelesaian. Khususnya untuk Huntap di tondo 2 secepat mungkin,” ujar Surya Tjandra.

Oleh sebab itu, Wamen ATR/Waka BPN mengatakan untuk menyelesaikan hambatan, Kementerian ATR/BPN perlu beberapa strategi yang harus dikerjakan cepat dan jelas.

“Jangan sampai kita kehilangan momen, harus cepat dan harus jelas. Begitu juga terkait strategi besar Kota Palu dan Kabupaten Sigi yang rawan bencana. Kita perlu punya strategi seperti perencanaan tata ruangnya serta membangun kerja sama dengan beberapa daerah lain,” tambahnya.

Lokasi Huntap

Disi lain Wakil Menteri PUPR, John Wempi Wetipo berharap rapat ini menghasilkan kesepakatan bersama sebagai tindak lanjut penyelesaian Huntap.

“Kesimpulan rapat ini akan menjadi penentu pembangunan Huntap di Tondo 2. Kita berharap semua terlibat agar permasalahan yang terjadi cepat diselesaikan dan semua infrastuktur bagi wilayah terdampak bencana bisa selesai sebelum tahun 2024,” tuturnya

BACA JUGA:   Jangan Sampai Kasus Rafael Alun, Bikin Rakyat Tidak Mau Bayar Pajak

Terkait lahan huntap, BPN Provinsi Sulteng sudah menyiapkan lahan yang berada di sejumlah lokasi yang berada di Kota Palu yaitu Huntap I 45 Ha, Huntap II 65 Ha yang berada di Kelurahan Tondo, Huntap III 46,8 Ha di Talise, Huntap Duyu 36,3 Ha serta Huntap Pombewe 104 Ha yang berada di Kabupaten Sigi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Pertanahan Kota Palu, Yannis Harryzon Dethan mengatakan pihaknya juga sedang melakukan konsolidasi tanah bagi pembangunan huntap penyintas gempa dan likuefaksi di Kelurahan Petobo.

“Kondisi masyarakat Petobo yang menjalani kehidupan penuh dengan keterbatasan serta kuatnya perjuangan warga Petobo untuk mendapat hunian tetap permanen,  menjadi salah satu dorongan untuk menetapkan sebelah timur lokasi eks likuefaksi menjadi lokasi relokasi pembangunan Huntap Petobo,” ungkap Yannis Harryzon Dethan.

Artikel Terkait