Pemprov Berharap Tol Bengkulu-Lampung Terealisasi

FTNews – Meski masih wacana, kabar pembangunan Jalan Tol Bengkulu-Lampung mendapat respons positif dari Pemprov Bengkulu bila benar-benar direalisasikan.

Sambutan positif tersebut disampaikan Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu Tejo Suroso, meski pihaknya belum mendapat kabar resmi.

“Tapi kalau memang terjadi, maka akan ada dua alternatif tol ke Bengkulu, yaitu dari Linggau sampai Bengkulu, dan dari Lampung melalui Tanggamus, Krui, Kaur menuju Bengkulu,” katanya, Selasa (30/1).

Bila benar direalisasikan, Tejo mengungkapkan tol tersebut akan menyusuri pesisir barat Pantai Sumatera di Lampung dan Bengkulu.

Bahkan, ia mengemukakan, hal tersebut juga akan berdampak positif karena akan sangat membuka akses ke Bengkulu dan sektor perekonomian baru di Bengkulu.

“Semoga wacana itu bisa terlaksana, mari menunggu pemerintahan yang baru,” kata Tejo.

Ia melanjutkan, dari sisi ekonomi, pembangunan tol di pesisir barat Pulau Sumatera akan mengakselerasi perekonomian wilayah Sumatera yang berada di pesisir barat.

Bahkan, keberadaan tol tersebut juga akan menghidupkan Jalur Lintas Barat Sumatera yang saat ini dalam kondisi ‘mati suri’ karena jalur tersebut dinilai tidak efisien dari sisi waktu dan biaya operasional transportasi.

Namun keberadaan tol itu tentunya akan tersambung dengan Jalur Lintas Barat Sumatera sehingga memperpendek akses dan biaya operasional transportasi.

“(Untuk tol itu) mungkin kalau secara ekonomi (akan menguntungkan Bengkulu, meningkatkan perekonomian), tapi untuk biaya pasti sangat besar cost-nya. Kami dari provinsi hanya menunggu seperti apa kelanjutannya,” kata Tejo pula.

Tejo pun menegaskan bahwa Pemprov Bengkulu akan memberikan dukungan ketika pemerintah pusat memutuskan membangun tol penghubung Lampung menuju Bengkulu.

“Yang pasti kalau memang kebutuhan pembebasan lahan segala macam, selama ini kan Bengkulu menjadi provinsi yang tercepat untuk pembebasan lahan tol,” ujarnya.

Artikel Terkait

Bengkulu Keluar dari ‘Grup 10 Besar Daerah Inflasi Tertinggi’, Denny: Sekarang Kategori Ideal

FTNews, Bengkulu--- Berkat kerja keras, akhirnya Provinsi Bengkulu berhasil...

Harga Tomat Anjlok, KAGAMA Bengkulu Salurkan 3 Ton Tomat Gratis ke Warga

FTNews, Bengkulu--- Guna mendukung kelangsungan perekonomian hasil tani di...

Kepatuhan Bayar Pajak Kendaraan Masih Rendah, Ini Upaya yang Dilakukan

FTNews ---- Kepatuhan masyarakat Bengkulu dalam membayar Pajak Kendaraan...

Kabar Gembira! Disperdag Sediakan Bantuan untuk Toko Kelontong dan Warung, segera Daftar!

FTNews, Kota Bengkulu--- Kabar gembira untuk masyarakat Kota Bengkulu...