Pengendara Lawan Arus saat Operasi Zebra Diklaim Turun

Forumterkininews.id, Jakarta – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyebut, jumlah pengendara lawan arus dalam Operasi Zebra Jaya 2023 menurun.

Operasi Zebra mulai berlangsung 18 September dan berakhir 1 Oktober 2023.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman menyebutkan, dalam operasi ini pengendara lawan arus mengalami penurunan.

“Alhamdulillah (pelanggar lawan arus) agak menurun. Mudah-mudahan ini bisa seterusnya, bukan hanya saat Operasi Zebra dilakukan,” kata Latif, dalam keterangannya, di Jakarta, Jumat (22/9).

Namun Latif tidak menyebutkan, jumlah pasti penurunan pelanggaran tersebut. Ia menambahkan, jika terjadi pelanggaran (melawan arus) pengemudi polisi tilang.

“Jika sudah berakibat kecelakaan apalagi melawan arus ya kita melakukan penilangan,” ujar Latif.

Sekadar informasi, polisi akan menindak sejumlah pelanggaran lalu lintas dalam Operasi Zebra 2023 pada 18 September-1 Oktober 2023. Operasi ini berlangsung di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Pengendara lawan arus akan menjadi sasaran utama penindakan dalam operasi tersebut.

Latif sebelumnya menyebut, tindakan melawan arus membahayakan keselamatan. Bahkan karena pelanggaran itu, angka kecelakaan dengan korban meninggal (pengendara motor) meningkat karena melawan arus.

Artikel Terkait