Personel Gabungan Siap Amankan Aksi Bela Palestina di Patung Kuda Hari ini

FTNews – Sejumlah personel gabungan siap mengamankan ‘Aksi Bela Palestina’ yang diselenggarakan oleh Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina (ARIBP). Massa akan bergerak ke wilayah Patung Kuda, Monumen Nasional, Jakarta Pusat, pada Minggu (9/6) sore.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan pihaknya telah menyiapkan ribuan personel untuk bersiaga saat acara berlangsung. “Aksi berlangsung sekitar pukul 15.00 WIB. Personel yang dikerahkan ada 1.597,” katanya, kepada wartawan, pada Minggu (9/6).

Lebih lanjut ia mengatakan nantinya para personel akan disebar ke sejumlah titik aksi demo untuk meminimalisir terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kambtibmas). Selain itu pihaknya juga telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas. Namun diberlakukan situasional melihat kondisi di lapangan.

“Jika ekskalasi meningkatkan akan kita tutup jalan Merdeka Barat, arus lalu lintas akan kita alihkan. Maka kami himbau untuk masyarakat yang akan melintas di sekitar Monas agar mencari jalan alternatif lainnya dikarenakan akan ada aksi penyampaian pendapat di Patung Kuda,” ungkap Susatyo.

Sementara itu ia menghimbau kepada para peserta Aksi Bela Palestina untuk memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya. Selain itu mass juga diminta tertib untuk menyampaikan pendapatnya dimuka umum.

“Kami menghimbau, siapa saja yang akan menyampaikan pendapat di muka umum, sebagaimana diatur dalam undang-undang penyampaian pendapat hak setiap warga negara, tentunya harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya, sehingga aturan dalam undang-undang penyampaian pendapat di muka umum harap di patuhi,” papar Susatyo.

Kemudian Susatyo menegaskan para personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, pelayanan serta humanis. Personel juga tidak ada yang membawa senjata api.

Artikel Terkait

Makin Solid, Koalisi Jakarta Baru akan Gerilya Menangkan Rido

FTNews - Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengungkapkan partai...

Terungkap! Ini Pesan Khusus Prabowo Pada Ridwan Kamil

FTNews - Calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil mendapat pesan...