Pertama Kali di Indonesia, Perwira TNI AU Jabat Danpaspampres

Forumterkininews.id, Jakarta -Marsekal Pertama (Marsma) TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko dipromosikan menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres). Wahyu bakal menggantikan posisi Mayjen TNI Tri Budi Utomo yang diangkat menjadi Panglima Koda (Pangdam) VI/Mulawarman. Tri juga telah membenarkan soal mutasi ini.

Promosi kenaikan jabatan ini dikuatkan dengan keluarnya Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/558/VI/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Penunjukan Wahyu mencatatkan sejarah baru. Pasalnya, baru kali ini Danpaspampres diisi perwira tinggi dari TNI Angkatan Udara (AU). Sebelumnya, jabatan pemimpin penjaga orang nomor satu di Indonesia itu dipegang perwira dari TNI AD atau TNI AL.

Sebagai informasi, Wahyu merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1993 dari kecabangan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat). Kopasgat adalah satuan elite di TNI AU yang sebelumnya bernama Korpaskhas. Korpaskhas bersalin nama jadi Kopasgat berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Nomor Kep 66/1/2022.

Sebelum episode mutasi TNI terbaru ini, perjalanan karier Wahyu di TNI AU tercatat pernah menjabat sebagai Komandan Batalyon Komando 462/Paskhas tahun 2006. Kemudian, dua tahun berselang, ia mengisi posisi sebagai Komandan Skadron Udara Karbol Tk.II AAU.

Seperti diberitakan sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memutasi dan promosi 180 posisi untuk perwira tinggi (pati) TNI tiga matra.

Salah satu jabatan yang terkena rotasi adalah Komandan Pasukan Pengamanan Presiden atau Danpaspampres. Selain itu kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dan beberapa Panglima Kodam (Pangdam)

Artikel Terkait

Jukir di Medan Dibunuh Gegara Kutip Uang Parkir, 3 Orang Ditangkap

FT News - Polisi menetapkan 3 orang tersangka dalam...

KPU Tapsel Digugat ke PTTUN Medan

FT News - KPU Tapanuli Selatan (Tapsel) digugat ke...

Sunan Kalijaga Polisikan Ketum Parpol Diduga Aniaya Istri Siri, Siapa?

Seorang ketua umum partai politik (ketum parpol) tengah menjadi...

Ini Dia Strategi Menghasilkan Uang Melalui Media Sosial

FT News – Kebutuhan mendesak akan uang seringkali menjadi...