Pertemuan Jokowi-Megawati, Istana: Cari Waktu Yang Tepat

FTNews – Kabar pertemuan Presiden Jokowi dan Ketua umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri tengah berhembus. Staf khusus presiden mengatakan, pihak istana tengah mencari waktu yang tepat.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan bulan Syawal menjadi waktu paling tepat untuk mempererat tali silaturahmi.

“Terkait silaturahmi (Presiden Jokowi) dengan Ibu Megawati sedang dicarikan waktu yang tepat. Lagian ini masih di bulan Syawal. Bulan Syawal adalah bulan yang paling tepat untuk mempererat silaturahmi,” kata Ari dalam keterangannya, Jumat (12/4).

Pertemuan Jokowi-Megawati mungkin saja terjadi. Sebab, Ari menegaskan Jokowi selalu terbuka bersilaturahmi dengan siapapun, termasuk bertemu para tokoh-tokoh bangsa.

“Presiden sangat terbuka untuk bersilaturahmi dengan siapa saja, apalagi dengan tokoh-tokoh bangsa,” ucapnya.

Diketahui, Megawati menggelar acara open house terbatas di kediamannya, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta dalam momen Idulfitri 2024.

Empat menteri Kabinet Indonesia Maju dalam acara tersebut. Mereka adalah Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Hingga kini, belum ada kabar terbaru terkait rencana pertemuan Jokowi-Megawati. Jokowi pun tengah berada di Medan, Sumatera Utara sejak Kamis, 11 April 2024 untuk merayakan Lebaran bersama anak dan cucu di sana.

Pertemuan Jokowi-Megawati
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto saat memberikan keterangan kepada awak media di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu (10/4). Foto: Antara

Respon PDIP

Terkait waktu yang tengah dipersiapkan istana untuk pertemuan Jokowi-Megawati, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto meminta wartawan menanyakan ulang pada Ari Dwipayana.

“Ya waktunya tanyakan saja Pak Ari,” ujar Hasto di kediaman Megawati, Jumat (12/4).

Hasto menilai momen Idulfitri memang momentum untuk bersilaturahmi. Namun dalam konteks pertemuan Jokowi-Megawati, Hasto beranggapan banyak kader PDIP yang menahan pertemuan itu.

“Dalam konteks terkait dengan Pak Jokowi, banyak anak ranting justru mengatakan sebentar dulu, biar bertemu dengan anak ranting dulu, karena mereka juga jadi benteng bagi Ibu Megawati Soekarnoputri,” tuturnya.

Artikel Terkait