Polda Metro Berencana Pinjam Sirkuit Formula E untuk Street Race

Forumterkininews.id, Jakarta – Keberhasilan Jakarta menggelar balap mobil listrik internasional, Formula E, di kawasan Ancol, Jakarta Utara, menjadi perhatian Polda Metro Jaya.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran berencana meminjam Sirkuit Formula E untuk lintasan Street Race berikutnya. Peminjaman lintasan ini diharapkan bisa meningkatkan hobi para pembalap liar.

“Kami berencana menggelar street race secara kontinyu dan berkelanjutan sehingga bisa menjadi wadah bagi para pembalap liar untuk bisa menuangkan hobi mereka,” kata Fadil saat membuka Meikarta Street Race di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu (18/6).

Fadil memprediksi jika Sirkuit Formula E bisa menjadi lintasan yang lebih nyaman bagi pembalap liar yang ikut serta dalam Street Race, sehingga nantinya Polda Metro Jaya selaku pihak penyelenggara bisa menggelar ajang balap jalan di lokasi tersebut.

“Di BSD ada lokasi, di Bekasi ada Meikarta, di Jakarta ada Ancol. Mudah-mudahan nanti mimpi saya yang di Ancol, yang kemarin Formula E bisa juga dipakai untuk street race,” harapnya.

Fadil melanjutkan, road race di Sirkuit Formula E bisa dikompetisikan dan tidak terbatas di sesi drag race dengan track lurus yang sudah dipertandingkan pada ajang Street Race seri satu hingga tiga.

“Mudah-mudahan Jakpro mendengarkan ini dan juga disetujui oleh pemerintah daerah provinsi. Ke depan Mas Rifat bersama IMI, tentunya bukan hanya drag race, tapi juga ada road race. Karena saya lihat lumayan itu kalau lintasan yang ada di Formula E kemarin bisa dipakai,” tukasnya.

Selain itu, ia berharap usulannya itu bisa diwujudkan, sehingga para pecinta motor balap liar ini bisa berkompetisi secara lebih profesional dengan kehadiran Sirkuit Formula E.

“Mudah-mudahan bisa disampaikan supaya nanti kalau kita rapat sudah nyambung semuanya. Karena kalau tidak ada sirkuit sampai botak, sariawan kita larang terus, mau disuruh ke mana gitu? Jangan main bola di jalan, tapi tidak ada lapangan bolanya, terus main bola di mana? Main bola di PlayStation? Beda main bola di PlayStation sama main bola di lapangan,” tandasnya.

Artikel Terkait