Polda Sulteng Kembalikan Uang Suap ke Orang Tua Peserta Seleksi Bintara Polri

Forumterkininews.id, Palu – Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah mengembalikan uang sebesar Rp4,4 miliar kepada sejumlah orang tua calon siswa peserta seleksi penerimaan Bintara Polri. Uang ini sendiri berasal dari 18 keluarga. 

Dimana belasan keluarga calon siswa Bintara berupaya menggunakan jalur belakang agar anaknya bisa masuk menjadi Bintara. Uang suap itu sendiri diserahkan ke oknum polisi berinisial Briptu D.

“Uang sebesar Rp4,4 miliar sudah dikembalikan. Semua ada berita acaranya dan ada tanda bukti penyerahannya,” kata Kabid Humas Polda Sulteng Komisaris Besar Polisi Didik Supranoto kepada wartawan di Kota Palu, dikutip dari Antara, Kamis (18/8).

Sementara itu sebanyak 18 orang calon siswa peserta seleksi penerimaan Bintara Polri yang diduga menyerahkan uang kepada Briptu D telah dinyatakan gugur oleh panitia seleksi karena terbukti melanggar pakta integritas.

Sebelumnya, Tim Sub-Direktorat Pengamanan Internal Polda Sulteng menangkap oknum polisi Briptu D. Penangkapan terhadapnya berdasarkan laporan masyarakat mengenai adanya suap dalam penerimaan Bintara Polri gelombang II di Sulawesi Tengah. Hal ini terjadi pada 28 Juni 2022.

Tim Subdit Paminal juga menemukan uang sekitar Rp4,4 miliar. Uang ini diduga pemberian dari 18 orang tua calon siswa peserta penerimaan Bintara Polri. Selain menahan Briptu D, tim Polda Sulteng juga mengamankan dua unit mobil.

“Ini menjadi komitmen Polda Sulteng untuk memberantas praktik calo dalam penerimaan siswa Bintara Polri,” imbuh Didik Supranoto.

Artikel Terkait

Oknum Pengacara Penembak Pemilik Warkop Ditangkap!

FT News - Polisi menangkap terduga pelaku penembakan yang...

Saat Banjir Rob Melanda, Remaja di Belawan Malah Tawuran

FT News - Meski banjir rob melanda kawasan pesisir...

Tersangka Sempat Beli Gorengan Sebelum Perkosa-Bunuh Gadis Penjual Gorengan

FT News - Polisi mengungkap kronologi pemerkosaan dan pembunuhan...

Edarkan Ganja, Pria Paruh Baya di Langkat Dicokok Polisi

FT News - Polisi menangkap seorang pengedar narkoba jenis...