Presiden Joko Widodo Salat Ied di Masjid Istiqlal

Forumterkininews.id, Jakarta – Pascapandemi COVID-19 Masjid Istiqlal gelar salat Idul Adha perdana. Presiden Indonesia Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana ikut menghadiri Salat Idul Adha 1443 Hijriah pada Minggu, (10/7).

Dikutip dari Antara (10/7), Presiden Jokowi mengenakan jas abu-abu, kemeja putih, sarung warna merah dan hitam serta kopiah hitam mengambil tempat di baris paling depan. Tepat di samping Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Bersama Presiden Jokowi, hadir pula antara lain Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang juga adik ipar Presiden Jokowi, Anwar Usman.

Salat Idul Adha dimulai pukul 07.00 WIB dipimpin imam Salim Ghazali. Kemudian khotbah disampaikan oleh Ketua Badan Wakaf Indonesia Pusat, KH Mohammad Nuh. Khutbah ini semdiri mengangkat tema “Semangat Gotong Royong Perkuat Sendi Kebinekaan”.

Tahun ini, Masjid Istiqlal membolehkan 150 ribu orang melaksanakan salat Id. Selanjutnya Jamaah melaksanakan salat hingga lantai 4 Masjid Istiqlal.

Pelaksanaan shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal pada tahun ini merupakan perdana pascapandemi COVID-19.

Kemudian, Idul Adha tahun ini, Presiden Jokowi juga menyerahkan hewan kurban di Masjid Istiqlal berupa seekor sapi berjenis Simental dengan bobot 1 ton.

Perolehan hewan kurban di Masjid Istiqlal pada tahun ini adalah sapi 32 ekor dan kambing 16 ekor. Selanjutnya, pemotongan hewan kurban di Masjid Istiqlal akan dilaksanakan pada Senin (11/7) pagi.

Artikel Terkait