Produk Ini Perlu Dihindari untuk Pemilik Kulit Wajah Berminyak

FTNews – Menggunakan produk perawatan bisa membantu menyehatkan kulit wajah. Meski demikian, tidak semua produk cocok bagi kulit. Untuk itu, bagi kamu pemilik kulit wajah berminyak perlu hindari beberapa produk ini.

Sebelum membeli produk kecantikan, kamu perlu memperhatikan kandungan bahan di dalamnya dan jangan sampai salah membeli. Oleh karena itu, bahan berikut ini perlu dihindari.

Kandungan Bahan yang Perlu Dihindari Pemilik Kulit Berminyak

Pemilik Kulit Berminyak
Foto: Freepik

Parfum

Sebagian besar produk kecantikan mengandung parfum. Indikasinya, produk tersebut beraroma harum. Namun, kandungan parfum sebenarnya tidak cocok untuk beberapa jenis kulit, karena bisa menyebabkan beberapa masalah, seperti iritasi, alergi, hingga gatal.

Apabila kamu kesulitan dalam mencari produk yang tidak mengandung parfum, maka perlu dicermati jumlah kandungannya. Kamu juga dapat melakukan patch test atau mengaplikasikan produk pada area lengan atau belakang telinga selama 24 jam. Apabila tidak ada reaksi tertentu, maka produk tersebut aman bagi kamu pemilik kulit wajah berminyak.

Pemilik Kulit Berminyak
Foto: Belomed

Alkohol

Alkohol terkandung dalam produk perawatan, seperti toner, sunscreen, hingga primer pelembab. Sayangnya, kandungan ini ternyata kurang baik untuk kulit.

Kandungan alkohol mengakibatkan hilangnya minyak dan kelembaban alami pada kulit. Akibatnya, kelenjar dalam tubuh malah memproduksi sebum untuk menggantikan minyak yang hilang. Akhirnya, bisa membuat kulit mengalami iritasi hingga jerawat.

Foto: healthshots

Minyak Kelapa

Bahan alami ini terkenal memiliki banyak manfaat bagi kulit. Tak jarang juga minyak kelapa menjadi bahan utama produk perawatan. Namun, minyak kelapa tidak cocok bagi kamu pemilik kulit wajah berminyak.

Penyebabnya, minyak kelapa mengandung lemak yang menyebabkan kulit semakin berminyak. Bila produk ini terus digunakan bisa mengakibatkan pori-pori tersumbat dan muncul komedo hingga jerawat.

Pemilik Kulit Berminyak
Foto: Mamaearth

Scrub Kasar

BACA JUGA:   Cara Mengatasi Rambut Lepek, Tampil 'Oke' Seharian

Scrub umumnya menjadi bahan produk eksfoliasi untuk membersihkan kotoran dan mengangkat sel kulit mati. Kendati demikian, scrub dengan butiran kasar dapat merusak  penghalang kelembaban dan membuat kulit lebih sensitif. 

Scrub juga menyebabkan retakan pada lapisan kulit luar dan membuat produksi minyak berlebih di pori-pori. Untuk itu, bagi kamu pemilik kulit wajah berminyak, disarankan untuk menghindari produk dengan kandungan bahan ini.

Artikel Terkait