Puan: Indonesia Masuk Kategori Kronis Stunting

Forumterkininews.id, Jakarta- Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan generasi muda atau milenial tidak sembarang untuk melakukan pernikahan. Mantan Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan dan Kebudayaan itu mengatakan dibutuhkan persiapan dan perencanaan matang untuk melakukan jenjang hubungan perkawinan.

Menurutnya, pernikahan yang kurang terencana dengan baik bisa menjadi salah satu penyebab anak yang kelak dilahirkan tidak bertumbuh dengan baik atau stunting.

“Penyebab utama stunting seringkali dikaitkan dengan masalah kurang gizi. Tapi sebenarnya persoalan ini merupakan isu multi-dimensi yang juga membutuhkan solusi terintegrasi,” kata Puan dalam keterangannya, Selasa (21/12).

Edukasi menjadi penting, mengingat dari tahun ke tahun angka stunting di Indonesia masih bergerak di atas 20%. Melihat data itu Puan menyatakan bahwa Indonesia sudah masuk kategori kronis stunting.

Lebih lanjut dikatakan, usia ideal harus diperhatikan dalam merencanakan pernikhan. Dengan begitu diharapkan dapat mengurangi risiko berat lahir rendah. “Selain itu para calon ibu harus menjaga kesehatan dan asupan gizinya selama hamil serta di 1.000 hari pertama pasca kelahiran,” ujar Puan.

Politikus PDI Perjuangan ini kemudian berharap semakin banyak generasi muda yang nantinya menjadi agen komunikasi untuk mengedukasi lingkungan sekitar tentang pentingnya perencanaan pernikahan dan kehamilan.

Di sisi lain, data Kementerian Kesehatan pada tahun 2018 menunjukkan 1 dari 3 balita di Indonesia menderita stunting atau kurang gizi kronis. Sementara prevalensi stunting di Indonesia berada di urutan 115 dari 151 negara di dunia.

Tantangan dalam menghadapi stunting itu, disebut Puan ialah berkaitan dengan pengetahuan tentang gizi dan nutrisi belum merata.

“Edukasi seperti ini penting, jadi nanti kalau menikah, yang dipikirkan bukan hanya foto preweddingnya tapi juga bagaimana supaya bisa lebih sehat,” tandas Puan

BACA JUGA:   Erick Thohir Akui Nadhlatul Ulama Organisasi Islam Terbesar

 

Artikel Terkait