Riau Kini Punya Lima Komisioner KPU Baru untuk Periode 2024 Hingga 2029

FTNews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau kini memiliki lima komisioner baru yang akan mengemban amanah untuk periode 2024 hingga 2029.

Lima komisioner tersebut dilantik langsung oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di Kantor KPU Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Selasa (20/2).

Kelima komisioner tersebut, yakni Abdul Rahman, Nahrawi, Nugroho Noto Susanto, Rusidi Rusdan, dan Supriyanto.

Sebelum ditetapkan menjadi komisioner KPU mereka melewati proses seleksi yang ketat dan terbukti memiliki kompetensi, integritas, dan dedikasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas mereka dengan baik.

Dalam sambutannya, Hasyim berpesan agar bekerja dengan berpegangan pada kode etik dan aturan penyelenggaraan Pemilu yang berlaku.

“Saya berpesan beberapa hal, pertama agar dalam bekerja berpegangan pada berbagai peraturan Pemilu, kode etik penyelenggara Pemilu dan ikuti pelaksanaan tahapan sesuai SOP yang telah ditentukan,” ungkapnya.

Kemudian ia juga meminta kepada komisioner agar selalu solid dengan segala yang diputuskan secara kolektif kolegial melalui pleno, dan berkomunikasi serta berkoordinasi dengan jajaran sekretariat sebagai pelaksana segala kebijakan-kebijakan KPU.

“Karena karakter lembaga bersifat hirarkhis, agar apa yang diarahkan oleh KPU RI agar dilaksanakan,” ungkapnya.

Selain itu, ia meminta agar komisioner juga melakukan supervisi dan monitoring secara ketat, apalagi saat ini rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kecamatan.

Para komisioner juga diharapkan jujur, transparan dan akuntabel agar kemurnian dan keaslian suara pemilih dapat terjaga.

“Kepada KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota yang bertugas memimpin kepemiluan di daerah masing-masing, kami berharap kepemimpinan yang efektif adalah dengan keteladanan, yaitu dengan memulai dari diri sendiri,” ungkapnya.

Selain Anggota KPU Riau, Hasyim juga melantik anggota KPU Provinsi Jawa Timur dan anggota KPU kabupaten/kota di 13 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang masa jabatan anggotanya berakhir pada bulan Februari 2024.

Artikel Terkait

Tarung Derajat PON XXI Aceh-Sumut 2024 Resmi Digelar

FTNews, Banda Aceh--- Cabang olahraga bela diri asli Indonesia,...

Bendungan Pulau Tobek Diresmikan, Sekdaprov: Ini untuk Irigasi Pertanian dan Wisata

FTNews, Kampar--- Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto...