Satgas Damai Cartenz Terbangkan Bantuan Puluhan Bibit Babi ke Warga Yahukimo

Forumterkininews.id, Jakarta – Sebagai bentuk hadirnya negara di Tanah Papua, Satgas Operasi Damai Cartenz Polri memberikan bantuan berupa bibit babi sebanyak 30 ekor kapada warga di Kabupaten Yahukimo. Uniknya puluhan babi tersebut dikirim dari Jayapura dengan menggunakan pesawat terbang, Rabu (2/3/2022).

Pasalnya perjalanan dari Kota Jayapura ke Kabupaten Yahukimo sangat sulit menggunakan jalur darat. Sehingga dalam operasi kemanusiaan ini harus menggunakan pesawat kargo berjenis Twin Otter 300 milik maskapai Rimbun Air.

“Bibit babi dibeli dari salah satu pengusaha peternak babi binaan Balai Latihan Kerja Dinas Propinsi Jayapura sudah terjamin kesehatannya,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulisnya.

Dedi menjelaskan bahwa bantuan 30 ekor bibit babi diserahkan secara bertahap kepada peternak babi yang benar-benar memiliki kemampuan dalam mengembangkan peternakan babi di Kabupaten Yahukimo.

Ia pun berharap masyarakat peternak babi memiliki kemampuan dalam mengembangkan peternakan pembibitan babi secara mandiri. Sehingga kedepan Satgas Ops Damai Cartenz dalam memberikan bantuan bukan lagi berupa bibit babi. Tetapi bantuan lainnya untuk mendukung perkembangan ekonomi.

“Kedepannya, apabila Satgas Ops Damai Cartenz ingin memberikan bantuan kepada masyarakat Yahukimo, bukan bantuan bibit babi lagi, tetapi bantuan lain yang ada kaitannya dengan pengembangan ternak babi, seperti bantuan membangun kandang babi, membangun Balai Latihan Keterampilan beternak babi, membangun sumur bor air dan bantuan yang lain yang dapat mendukung pengembangan peternakan babi di wilayah Yahukimo,” katanya.

Artikel Terkait