Singkawang Kota Toleran Tertinggi, Depok Tertinggi Intoleran di 2023

FTNews – Untuk ketujuh kalinya sejak tahun 2015, SETARA Institute kembali mempublikasikan indeks kota toleran dan intoleran di Indonesia.

Publikasi terbaru tahun 2023 yang disampaikan awal tahun 2024 lalu itu terungkap Singkawang kota dengan indeks toleransi tertinggi. Sedangkan Depok kota dengan indeks intoleransi tertinggi.

Terdapat 94 kota yang menjadi objek kajian. Indeks Kota Toleran (IKT) adalah studi pengukuran kinerja kota. Meliputi pemerintah kota dan elemen masyarakat dalam mengelola keberagaman, toleransi dan inklusi sosial.

Pengukuran IKT mengombinasikan paradigma hak konstitusional warga sesuai jaminan konstitusi. Hak asasi manusia sesuai standar hukum HAM internasional dan tata kelola pemerintahan yang inklusif.

Direktur Ekskutif SETARA Institute Halili Hasan berharap melalui IKT, dapat mendorong setiap kota untuk membangun perencanaan pembangunan yang inklusif. Membangun kebijakan yang promotif, mengalokasi anggaran bagi pemajuan toleransi dan inklusi. Mencegah peristiwa intoleransi dan memperkuat kolaborasi dalam mengelola keberagaman, toleransi, wawasan kebangsaan dan inklusi sosial.

“Pemerintah pusat, terutama Kementerian Dalam Negeri. Kementerian Hukum dan HAM dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila perlu meninjau ulang produk hukum daerah yang diskriminatif,” kata Halili, baru-baru ini.

Ratusan Kasus

Data SETARA Institute menunjukkan, dalam periode tahun 2007-2022 terdapat 573 kasus gangguan terhadap tempat ibadah dan peribadatan yang terjadi di Indonesia. Kasus terbaru yang terjadi yakni pembubaran ibadat doa Rosario mahasiswa Universitas Pamulang.

SETARA Insititute pun lanjut Halili mendorong pemerintah provinsi terlibat aktif mengorkestrasi pembangunan ekosistem toleransi di wilayahnya. Baik level kota maupun kabupaten.

Berikut daftar kota paling toleran dan intoleran di seluruh Indonesia dalam laporan Indeks Kota Toleran (IKT) 2023.

Potret kerukunan beragama di Indonesia. Foto: Antara

Kota dengan indeks toleransi tinggi

1. Singkawang, Kalimantan Barat
2. Bekasi, Jawa Barat
3. Salatiga, Jawa Tengah
4. Manado, Sulawesi Utara
5. Semarang, Jawa Tengah
6. Magelang, Jawa Tengah
7. Kediri, Jawa Timur
8. Sukabumi, Jawa Barat
9. Kupang, Nusa Tenggara Barat
10. Surakarta, Jawa Tengah

BACA JUGA:   Viral Ceramah Pendeta Gilbert, Maarif Institute: Jaga Indahnya Keberagaman

Kota dengan indeks toleransi rendah

1. Depok, Jawa Barat
2. Cilegon, Banten
3. Banda Aceh, Aceh
4. Padang, Sumatera Barat
5. Lhokseumawe, Aceh
6. Mataram, Nusa Tenggara Barat
7. Pekanbaru, Riau
8. Palembang, Sumatera Selatan
9. Bandar Lampung, Lampung
10. Sabang, Aceh

Artikel Terkait