Sisi Lain Gusti Bhre yang Resmi Diusung PSI di Pilkada Solo 2024

FTNews – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep resmi mengusung Mangkunegara X (MN X) atau akrab disapa Gusti Bhre pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Surakarta 2024.

Menurut Kaesang, rekomendasi ini sesuai dengan keputusan dari rekan-rekan DPD PSI Solo.

“Saya selaku ketua umum memberikan rekomendasi pada Kanjeng Gusti Bhre sebagai bakal calon Wali Kota Surakarta periode 2024-2029,” kata Kaesang dikutip dari Antara.

Kaesang mengatakan rekomendasi tersebut diberikan atas dasar masukan dari para anggota PSI dan konstituen PSI di Kota Solo.

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat berkampanye di Boyolali, Jateng, Sabtu (16/12/2023). (YouTube Berita Surakarta)

 

Meski demikian, ia menilai Gusti Bhre merupakan sosok muda yang cukup bersinar di Kota Solo. Oleh karena itu, dukungan layak diberikan kepada Adipati Mangkunegaran tersebut.

“Saya rasa Gusti Bhre ini kan salah satu anak muda yang cukup bersinar di Kota Solo dan mampu memimpin Mangkunegaran. Beliau juga salah satu komisaris di KAI, teman-teman bisa tahu kiprah kerja beliau ke depannya,” jelasnya.

Sosok Gusti Bhre

Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dilahirkan pada 29 Maret 1997 dan merupakan putra kedua (bungsu) dari Kangjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IX dan Gusti Kangjeng Putri Mangkunegara IX. Dari silsilah garis ibu, ia merupakan cucu dari Letnan Jenderal TNI (Purn.) Yogi Supardi.

Kakek Gusti Bhre merupakan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia Untuk Jepang Ke-10 (1987-1991), Pangdam XVI/Udayana (1972-1974), dan Sekjen Departemen Pertahanan dan keamanan (1983-1987).

Dari pihak ibunda, Gusti Bhre memiliki kakak kandung perempuan bernama Gusti Raden Ajeng (GRA.) Ancillasura Marina Sudjiwo.

 

Dari ibu tirinya, Sukmawati Soekarnoputri, ia memiliki dua saudara seayah: Gusti Pangeran Harya Paundrakarna Jiwo Suryonegoro (Gusti Paundra, kakak laki-laki tertua) dan Gusti Raden Ajeng Putri Agung Suniwati (Gusti Menur, kakak perempuan).

BACA JUGA:   Anies Temui Gibran, Hasto: Jika itu Pertemuan Politik Harus Dipertanyakan

Ia menamatkan pendidikan S1 di Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada tahun 2019.

Sebelum dinobatkan sebagai Pengageng Pura (penguasa istana), Gusti Bhre telah terlibat dalam beberapa aktivitas Pura Mangkunegaran, seperti sebagai Cucuk Lampah pada tradisi Kirab Pusaka malam 1 Sura dan Mangkunegaran Jazz Festival 2019.

Artikel Terkait