Soal Tilang Manual, Dirlantas PMJ: Jaga Keselamatan Pengendara

Forumterkininews.id, Jakarta – Dirlantas Polda Metro Jaya (PMJ) Kombes Pol Latif Usman kembali mengungkapkan alasan diberlakukannya kembali tilang manual di wilayah hukumnya. Salah satunya, yakni untuk menjaga keselamatan para pengendara sepeda motor maupun mobil.

“Ini perlu dipahami, sehingga masyarakat betul jangan takut ada polisi, justru polisi akan membantu. Jadi kami melakukan tindakan itu bukan untuk menyulitkan para pengguna jalan, tapi untuk mengingatkan untuk menjaga keselamatan mereka,” kata Latif, di Jakarta, pada Sabtu (10/6).

Lebih lanjut ia mengatakan tilang manual bukan ditujukan untuk memperbanyak penilangan, namun untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Bahwa tilang manual yang sudah kita berlakukan kembali adanya tujuannya, sekali lagi saya ingatkan, bukan untuk kita banyak-banyak menilang. Tapi sebetulnya memberikan edukasi kepada masyarakat,”  ucap Latif.

Selain itu Latif mengungkapkan bahwa tilang manual dilakukan untuk mengimbangi sejumlah jalan yang belum terdapat titik ETLE.

“Walaupun yang tetap kita kembangkan adalah ETLE statis maupu ETLE mobile yang ada di Jakarta ini. Tilang ini adalah untuk mengimbangi saja yang manual,” ujar Latif.

Latif juga menyatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah personel di setiap jalan. Nantinya pengendara akan dilakukan penindakan jika diketahui melanggar peraturan lalu lintas.

“Seluruh ruas jalan ini sudah ada petugas, yang pasti apabila melihat pelanggaran pasti akan dilakukan penindakan. Penindakan ini tidak konotasinya harus dengan tilang, ada tahapannya, semua kegiatan kepolisian yang mengingatkan kepada pelanggar, itu adalah suatu tindakan,” tukas Latif.

Artikel Terkait