Survey LSI: Kepuasan Publik pada Kinerja Jokowi Capai 82 Persen

Forumterkininews.id, Jakarta – Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survey terbaru terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Dalam rilisnya, Rabu (3/5), LSI menyebut bahwa tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi mencapai 82 persen.

“Dalam data LSI, tampaknya, ini adalah capaian tertinggi kinerja presiden. Penilaian positif tertinggi kinerja presiden dari masyarakat,” kata Direktur LSI Djayadi Hanan dalam rilis Hasil Survei Nasional LSI: “Peta Elektoral Pilpres dan Antisipasi Putaran Kedua”, pada kanal YouTube LSI, di Jakarta, Rabu.

Survei LSI menunjukkan 82 persen responden puas dengan kinerja Presiden Jokowi, dimana 12,3 persen di antaranya menyatakan sangat puas.

Menurut Djayadi, tingginya kepuasan publik dipengaruhi oleh penilaian terhadap kondisi-kondisi umum, seperti ekonomi, politik, dan penegakan hukum. “Ada paralel antara penilaian positif terhadap kondisi ekonomi, politik, dan penegakan hukum dengan penilaian positif terhadap kinerja presiden,” ujarnya.

Dikatakan juga bahwa lebih banyak masyarakat yang memberikan penilaian baik terhadap kondisi ekonomi, politik, dan penegakan hukum Indonesia dibandingkan yang memberikan penilaian buruk.

Kepuasan publik terhadap presiden juga diperkuat dengan angka inflasi yang menurun selama enam bulan terakhir, yakni dari enam ke lima.

Lebih lanjut Djayadi mengatakan bahwa tren penilaian positif terhadap kinerja presiden memang telah menguat sejak September 2022 hingga April 2023.

Dijelaskan, survei LSI dilakukan terhadap responden yang memiliki hak pilih, yakni yang sudah berusia di atas 17 tahun. Sampel survei itu dipilih secara random (multistage random sampling) dan melibatkan 1.220 responden dengan margin of error survei diperkirakan lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sementara wawancara dengan responden dilakukan secara tatap muka oleh pewawancara yang dilatih.

Artikel Terkait

Hasil Survei: Khofifah-Emil Unggul di Pilkada Jatim

FT News – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis survei...

NPWP Bocor, Jokowi: Terjadi Juga di Negara Lain

FT News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons dugaan...

Balas Istana, PDIP: Jet Pribadi, Itu Perjalanan Kebangsaan

FT News – Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah...

Bjorka Kembali, Kali Ini Data NPWP Jokowi Bocor

FT News – Peretas yang sempat membuat geger Indonesia...

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...