Taiwan Selidiki TikTok Atas Dugaan Operasi Ilegal

Forumterkininews.id, Taipei, Pemerintah Taiwan telah membuka penyelidikan ke platform media sosial milik China TikTok. Karena dicurigai mengoperasikan anak perusahaan secara ilegal di pulau itu, meskipun pemilik perusahaan membantah tuduhan tersebut.

Dalam sebuah pernyataan pada Minggu malam, Dewan Urusan Daratan pembuat kebijakan Taiwan mengatakan bahwa pada 9 Desember sebuah kelompok kerja di bawah Kabinet telah menemukan bahwa TikTok dicurigai melakukan “operasi komersial ilegal” di Taiwan.

Surat kabar Liberty Times Taiwan melaporkan bahwa pemilik TikTok, ByteDance, telah mendirikan anak perusahaan di pulau itu. Untuk mempromosikan bisnis, melanggar undang-undang Taiwan bahwa platform media sosial China tidak diizinkan beroperasi secara komersial di pulau itu.

Dewan Urusan Daratan, menanggapi laporan itu, mengatakan kelompok kerja Kabinet telah menemukan bahwa memang ada dugaan pelanggaran hukum. Saat ini, otoritas hukum sedang menyelidikinya.

“Dalam beberapa tahun terakhir, pihak daratan telah menggunakan platform video pendek seperti TikTok untuk melakukan operasi kognitif dan infiltrasi terhadap negara lain, dan ada risiko tinggi pemerintah China mengumpulkan informasi pribadi pengguna,” tambahnya.

Namun, ByteDance mengatakan “laporan terbaru” yang menyatakan telah mendirikan anak perusahaan di Taiwan tidak benar.

“Perusahaan belum mendirikan badan hukum di Taiwan,” katanya dalam pernyataan email kepada Reuters, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Artikel Terkait