Temanggung Hasilkan Tembakau Berkualitas tapi belum Terserap Sepenuhnya oleh Pabrik

FTNews, Temanggung — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, meminta agar perwakilan pabrik rokok PT Gudang Garam segera melakukan pembelian tembakau milik para petani.

“Pada panen tembakau 2024 tentunya ini menjadi suatu keprihatinan buat kami selaku lembaga pemerintahan daerah, Ketua DPRD dan jajarannya. Bahwa kami melihat realita di lapangan, kualitas tembakau tahun ini sungguh luar biasa, didukung dengan cuaca yang bagus, dari bibit Kemlokonya juga unggul,” kata Ketua DPRD Temanggung, Yunianto, dilansir Diskominfo Jateng

Ia mengatakan, meski kualitas bagus, namun korelasi terhadap pembelian tembakau, sampai saat ini belum semuanya terserap.

“Kami apresiasi positif kepada beberapa mitra pabrikan yang sudah melakukan pembelian, namun juga ada perwakilan pabrik yang belum membeli. Untuk itu, kami berharap kepada PT Gudang Garam, kami sudah berkirim surat agar perwakilan yang ada di Temanggung segera melakukan pembelian tembakau milik petani,” imbuhnya.

Di sisi lain, Yunianto juga mengimbau agar petani menjaga kualitas tembakau asli Temanggung, yakni dengan tidak mencampurnya dengan tembakau dari luar daerah Temanggung.

“Kami juga mengimbau kepada seluruh petani tembakau yang ada di Temanggung untuk memberikan yang terbaik. Kualitas tembakau Temanggung yang murni tentunya, diracik di Temanggung kemudian juga itu betul-betul murni Temanggung,” lanjutnya.

Berdasarkan pantauan di tiga perwakilan pabrik rokok yang sudah melakukan pembelian, rata-rata harga tembakau kualitas C di kisaran harga Rp65.000 hingga Rp75.000 per kilogram, sementara kualitas D dikisaran harga Rp85.000 hingga Rp100.000 per kilogram.***

 

 

Artikel Terkait

Gercep Polisi Gagalkan Rencana Tawuran Bersajam, Puluhan Remaja Ditangkap

FTNews, Kota Semarang--- Lagi-lagi tawuran. Kali ini terjadi di...

Jelang Peparnas XVII: Jateng Optimis Bakal Juara Umum lagi

FTNews, Surakarta – Penjabat Gubenur Provinsi Jawa Tengah, Nana...

Sempat Ranking 19, Kini Jateng Bercokol di Urutan 6 PON XXI

FTNews, Semarang--- Sempat bertengger di ranking 19, kini Jawa...

Genjot PAD, Sekda Jateng Usulkan Kepatuhan Wajib Pajak Jadi Indikator Kinerja

FTNews, Semarang--- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarno,...

Jateng dan UEA Godok Kerja Sama Modernisasi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

FTNews, Semarang--- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Uni Emirat...