Terjadi Lagi! Ini Sederet Kecelakaan Maut karena Rem Truk Blong

Forumterkininews.id, Jakarta – Kecelakaan kendaraan besar marak terjadi. Menjadi pertanyaan apakah bus dan truk yang melaju dan memicu kecelakan itu laik jalan?

Terbaru, terjadi kecelakaan maut karena rem truk blong. Akibatnya, truk tersebut menabrak sejumlah kendaraan bermotor di exit Tol Bawen Kabupaten Semarang, Sabtu (23/9).

Peristiwa tersebut bermula ketika truk bernomor polisi AD 8911 IA melaju dari arah Bawen ke Salatiga. Setelah keluar tol Bawen sekitar pukul 18:34 WIB, tiba-tiba rem truk mengalami kendala. Ketika pedal rem diinjak, laju kendaraan tidak dapat melambat. 

Truk tetap melaju dan menabrak kendaraan yang sedang berhenti di lampu merah pertigaan kawasan itu. Akibat kejadian ini, sejumlah kendaraan bermotor mengalami kerusakan parah. Bahkan ada korban tewas.

Kecelakaan Maut Lainnya

Dari penelusuran forumterkininews.id dari berbagai sumber, sejak tahun 2022, sejumlah kecelakaan yang melibatkan truk dan bus kerap terjadi. Umumnya kecelakaan terjadi akibat rem blong. Beberapa kecelakaan maut itu antara lain:

1.Kecelakaan di Muara Rapak Balikpapan

Awal 2022 lalu, terjadi kecelakaan yang melibatkan truk di Muara Rapak Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dalam kecelakaan ini ada lima korban meninggal dan 21 orang luka-luka. Awalnya truk mengalami rem blong di turunan traffic light Muara Rapak dan menabrak belasan kendaraan yang sedang berhenti.

Selain merenggut korban jiwa, kecelakaan ini mengakibatkan beberapa kerusakan materi, seperti enam unit kendaraan roda empat rusak, terdiri dari dua angkot, dua mobil pribadi dan dua pikap. 

Kemudian, 14 unit kendaran roda dua, lampu merah roboh, dan pagar pembatas jalan rusak.

2. Kecelakaan tangki Pertamina di Cibubur

Selanjutnya, kecelakaan maut terjadi di Cibubur pada 18 juli 2022, melibatkan truk tangki Pertamina. Truk bernomor polisi B 9598 BEH menabrak sejumlah kendaraan di depannya. Akibatnya 11 korban meninggal dunia dan belasan luka-luka.

BACA JUGA:   Soal Penyelenggaraan Formula E, Ketua DPRD DKI Jakarta Diperiksa KPK

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyebut kecelakaan terjadi karena truk tangki gagal lakukan pengereman di jalan yang menurun.

3. Kecelakaan di Cianjur

Insiden kecelakaan ini menimpa dua truk, satu mobil, dan tiga sepeda motor. Peristiwa terjadi pertengahan Juli 2022. Akibatnya, 6 orang meninggal.

Awal mula kecelakaan karena, rem truk bermuatan terigu blong. Sopir tidak bisa menguasai kendaraan, sehingga menabrak mobil dan sejumlah sepeda motor yang ada di depannya. 

4. Kecelakaan Tunggal di Bekasi

Kecelakaan truk bermuatan beton di depan Sekolah Dasar (SD) Negeri Kota Baru II dan II Kota Bekasi, Rabu (31/8). Akibatnya, 10 orang tewas dan 23 mengalami luka-luka.

Investigator Senior KNKT Ahmad Wildan mengungkapkan, kecelakaan terjadi akibat truk membawa muatan lebih dari dua kali lipat.

5. Kecelakaan di Padang Panjang

Kejadian bermula ketika truk Hino melaju dari arah Bukittinggi ke Padang Panjang dengan muatan pakan ayam. Truk mengalami rem blong saat jalan menurun di Panyalaian, Padang Panjang, Sumatera Barat pada Kamis (26/1). Insiden ini mengakibatkan tiga orang tewas.

Truk tersebut menabrak sejumlah kendaraan roda empat dan roda dua.

Artikel Terkait