Tok! DPR RI Setujui Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat

Forumterkininews.id, Jakarta – Kabar gembira untuk penggemar Tim Nasional Indonesia. Komisi III DPR RI resmi menyetujui naturalisasi kewarganegaraan Republik Indonesia dua pesepakbola atas nama Jordi Amat Maas dan Sandy Harry Walsh.

“Pimpinan dan Anggota Komisi III DPR RI yang saya hormati, kita telah mendengarkan bersama penjelasan mitra kita hari ini. Dan untuk kali ini tentu kita tawarkan sekali lagi apakah Komisi III DPR RI dapat menyetujui pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama Jordi Amat Maas dan Sandy Harry Walsh untuk selanjutnya diproses melalui peraturan perundangan?” tanya Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto saat menggelar rapat dengar Kemenpora dan PSSI, Senin (29/8) di DPR.

Seluruh anggota Komisi III yang hadir  kemudian serempak menjawab setuju.

Sebelum disetujui, kedua pemain diminta untuk melafalkan Pancasila sebagai bukti kecintaan terhadap Indonesia. Mereka pun hafal dan melafalkan Pancasila secara bergantian yang kemudian disambut dengan tepuk tangan oleh pihak yang hadir di raker pembahasan pertimbangan pemberian WNI ini. 

Merespon hal itu, Menpora, Zainudin Amali menyampaikan apresiasi kepada Komisi III DPR RI yang telah menyampaikan keputusan bersejarah persetujuan kewarganegaraan Republik Indonesia kepada Jordi Amat Maas dan Sandy Harry Walsh.

“Secara khusus, saya menyampaikan terimakasih kepada Komisi III DPR. Ini keputusan bersejarah yang ditonton oleh seluruh rakyat terutama penggemar sepakbola. Dukungan Komisi III DPR RI adalah dukungan untuk Timnas Indonesia,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menjelaskan, bahwa Jordi Amat dan Sandy Walsh mengatakan kedua pemain ini memiliki darah keturunan Indonesia dari nenek dan orang tuannya. Amat lahir di Canet de Mar, Spanyol 21 Maret 1992 dan Sandy lahir di Brussel, Belgia, 14 Maret 1995. 

BACA JUGA:   Ibra Cetak Gol ke-400, Milan Tekuk Roma

Menurutnya, kedua pemain ini diinginkan oleh pelatih Timnas Shin Tae yong dan juga telah menujunkan kebanggaannya dan kecintaannya terhadap Indonesia dalam setiap pertandingan yang dilakukannya bersama klub masing-masing di Eropa. 

Setelah disetujui Komisi III DPR, maka proses selanjutnya Menpora Amali dan PSSI akan menunggu rapat kerja dengan Komisi X DPR RI selaku mitra kerja. Raker tersebut rencanannya akan digelar pada tanggal 1 September 2022 mendatang.

Artikel Terkait