Tol Cijago Siap Layani 350 Ribu Kendaraan Arus Mudik dan Balik

FTNews – Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Kota Depok, Jawa Barat siap layani pemudik menuju kampung halaman dalam rangka Idulfitri 2024. PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) sebagai operator memperkirakan jumlah kendaraan arus mudik dan balik mencapai 350 ribu.

“Kalau kendaraan arus mudik yang melintas Tol Cijago diperkirakan mencapai 180 ribu kendaraan dan arus balik sekitar 170 ribu kendaraan,” ungkap Direktur Operasi PT TLKJ, Alfiandra, Jumat (5/4).

Tol Cijago, kata Alfiandra bisa pemudik yang hendak menuju Sumatera lintasi menuju Tol Kunciran. Sementara, untuk ke Jawa Barat bisa melintas menuju Tol Tangerang dan sebaliknya. Serta, ke Jawa Tengah menuju Tol Jagorawi dan Tol Cikampek.

Adapun pengelola tol menetap tarif yang terjangkau untuk pengguna jalan. Golongan I dengan tarif Rp15.000, Golongan II dan III Rp23.000. Sementara, Golongan IV dan V dikenakan tarif Rp30.000.

Personel Siaga

PT TLKJ, ujar Alfiandra, menyiagakan 2 kendaraan patroli, 1 kendaraan rescue, 1 kendaraan ambulans. Terdapat juga 1 kendaraan derek dan 3 kendaraan Patroli Jalan Raya (PJR), bila ada kondisi darurat.

“Kami siagakan keseluruhan jumlah personil sebanyak 246 orang yang bertugas di setiap gerbang tol. Layanan transaksi, petugas security, petugas patroli, tenaga medis dan tenaga derek,” kata Alfiandra.

Ia melanjutkan, mudik tahun ini memiliki tantangan tersendiri bagi pihaknya. Sebab, jika mengubah pola perjalanan, tentu terjadi peningkatan lalu lintas, apalagi di saat arus mudik dan balik, antisipasi pengguna kendaraan ada di Gerbang Tol Limo Utama.

“Kami berharap bisa melayani pengguna Jalan Tol Cijago ini lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya. Karena ini pengalaman pertama menghadapi perjalanan mudik dan arus balik saat Tol Cijago beroperasi penuh. Tersambung dengan Tol Depok-Antasari (Desari) dan Tol Serpong-Cinere (Sercin),” jelasnya.

Artikel Terkait