Unik! TPS di Depok Bertema Kerajaan Nusantara

FTNews – Tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024 di RW 3, Kelurahan Depok Jaya, Kota Depok ini unik dengan mengusung tema “Kampung Kerajaan”.

TPS tersebut memiliki keunikan yang beragam. Tujuh TPS memiliki tema kerajaan yang berbeda-beda. Mulai dari tema Kerajaan Aceh, Pasundan, Sunda Kelapa, Demak, Batak, Bali, dan Toraja.

Ketua RW 03 Depok Jaya, Nuryadi Rahman mengatakan usungan tema tersebut karena saat ini melihat hiruk-pikuk Pemilu 2024. Saat ini pemilu 2024 ramai dengan perbincangan politik dinasti yang dapat memecah belah.

TPS Depok
Salah satu TPS unik di Kota Depok. (Foto: FTNews/Eriel Wira Natha)

“Kita ingin Demokrasi itu berjalan dengan baik. Makanya kita usung lah Pemilu Kampung Kerajaan Nusantara, untuk menyatukan semua di sini,” katanya kepada FTNews, di Depok, Rabu (14/2).

Selain itu ia mengatakan alasan lainnya. Karena dahulu kala kerajaan ini berkotak-kotak pada setiap wilayahnya. Dan kita satukan semuanya di sini seperti bentuk Republik Indonesia yang bersatu.

TPS Depok
Petugas TPS menggunakan pakaian adat kerajaan. (Foto: FTNews/Eriel Wira Natha)

Para petugas yang berjaga pada TPS tersebut juga lengkap menggunakan pakaian adat mereka masing-masing. Lalu juga banyak hiasan yang berada di TPS itu yang mendukung suasana kerajaan sebenarnya.

Antusias Masyarakat

Nuryadi menjelaskan, masyarakat sangat antusias menyambut hari pencoblosan untuk memilih pemimpin Indonesia yang akan datang.

“Warga masyarakat walaupun hujan pagi-pagi sudah mengantri. Sudah tidak sabaran, tentunya melihat keunikan untuk warga dan bahkan bisa untuk mereka berfoto,” terangnya.

Tidak hanya itu, mereka juga menyiapkan berbagai macam Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai tempat masyarakat yang ingin berbelanja kuliner sembari menunggu giliran mencoblos.

“Selain itu kita juga menyediakan UMKM kuliner. UMKM yang berasal dari warga RW 03. Sekaligus pemberdayaan warga juga,” tambahnya.

BACA JUGA:   Indonesia Duduki Peringkat Negara Paling Dermawan Sedunia

Angkutan Mobilitas Lansia

RW 03 juga menyediakan angkutan bagi warga lanjut usia ataupun tidak kuat berjalan. Dengan kendaraan odong-odong memudahkan mereka menuju lokasi TPS.

“Kita siapkan odong-odong untuk menjemput warga lansia. Dan odong-odong tersebut antar jemput,” ujar Nuryadi.

Odong-Odong angkutan lansia menuju TPS. (Foto: FTNews/Eriel Wira Natha)

Menurutnya, dengan adanya TPS seperti ini bisa membuat masyarakat antusias memberikan suaranya. Agar pemimpin yang akan datang terpilih dan yang amanah untuk bangsa Indonesia.

“Saya harapkan pemilih meningkat. Dan umumnya dengan upaya seperti ini memperbanyak peserta yang hadir. Bisa memunculkan pemimpin yang amanah untuk Indonesia,” tuturnya.

Salah satu pemilih muda, Ale (22) mengatakan bahwa ia merasa terhibur melihat keunikan di TPSnya tersebut.

“Kalo untuk TPS kali ini memang ada temanya, yakni kerajaan. Bentuk-bentuk kerajaan, jadi saya melihatnya cukup unik,” ujarnya.

Artikel Terkait