Warga Jakarta, Ini Janji Manis Ridwan Kamil Bila Terpilih Jadi Gubernur

FTNews – Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (RK) menjelaskan beberapa janjinya bila terpilih.

Politikus Partai Golkar ini mengungkapkan visinya untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang adil dan merata.

RK yakin bahwa meskipun ibu kota baru, Nusantara, akan dibangun di Kalimantan Timur dalam dua hingga tiga dekade mendatang, Jakarta akan tetap menjadi pusat aktivitas yang penting.

Pernyataan tersebut disampaikan RK dalam acara deklarasi ‘Relawan Berkah’ di Bambu Apus, Jakarta Timur, Minggu (1/9).

Ridwan Kamil dan Suswono. [FtNews.co.id]
Ridwan Kamil dan Suswono.
“Kami akan berkompetisi pada tahun yang menjadi tonggak sejarah, di mana Jakarta tidak lagi menjadi ibu kota negara. Pertanyaannya adalah, bagaimana kami akan memimpin kota yang telah puluhan tahun menjadi pusat pemerintahan?,” ujar RK.

Mantan Gubernur Jawa Barat ini menekankan pentingnya mendengarkan aspirasi warga Jakarta. RK juga menegaskan bahwa ia tidak memulai dari awal, melainkan datang dengan pengalaman sebagai kepala daerah yang telah terbukti.

“Yang saya hormati, kami membawa pengalaman praktis. Kami bukan orang baru yang mencari pekerjaan dari awal, melainkan membawa konsep yang telah terbukti. Kami telah menunjukkan komitmen kami untuk mencintai dan mensejahterakan masyarakat,” lanjutnya.

Mantan Walikota Bandung ini juga menyatakan bahwa selama lima tahun memimpin Bandung, ia telah mengelola kota dengan populasi sekitar 2,5 juta orang.

Dengan pengalaman tersebut, ia kini siap untuk menangani Jakarta yang memiliki populasi sekitar 10 juta orang.

“Perbedaan utama adalah Jakarta merupakan pusat dari Indonesia. Meskipun Nusantara akan menjadi ibu kota baru, proses untuk mencapai status kota global memerlukan waktu 20 hingga 30 tahun. Selama periode itu, Jakarta masih akan menjadi pusat dari segala aktivitas,” jelas RK.

Pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Ridwan Kamil-Suswono mendatangi kantor KPU Provinsi DKI Jakarta, pada Rabu (28/8). Kedunya akan mendaftar dalam Pilkada 2024. [FTNews/Adinda]
RK mengungkapkan rencananya untuk membuat Jakarta lebih adil dan merata, dengan fokus pada pengurangan polusi dan kemacetan.

BACA JUGA:   Jadi Korban Pelecehan Seksual, Finalis Miss Universe Indonesia Lapor Polisi

Ia berencana untuk mendistribusikan pusat aktivitas ke area yang lebih luas daripada hanya di pusat kota seperti Sudirman-Thamrin.

“Kami ingin Jakarta menjadi lebih adil dan merata. Kami akan bekerja untuk mengurangi polusi dan kemacetan dengan mengatur agar tempat kerja dan tempat tinggal tidak terlalu jauh satu sama lain. Dengan demikian, masyarakat dapat lebih mudah beraktivitas, mengurangi kemacetan, dan menikmati kualitas hidup yang lebih baik. Jakarta tidak hanya akan terpusat di Sudirman-Thamrin, tetapi akan mengalami pemerataan yang lebih baik,” pungkasnya.

Artikel Terkait