2 Media Sosial Paling Populer di Indonesia, Nomor 1 TikTok?
YouTube dan Instagram 'dinobatkan' sebagai platform media sosial paling populer di Indonesia. Hal ini berdasarkan hasil riset yang dilakukan YouGov Indonesia.
YouGov adalah grup teknologi data dan analitik penelitian daring internasional yang berbasi di Inggris.
Adapun dari hasil riset lembaga tersebut, YouTube digunakan oleh 81 persen pengguna media sosial di Indonesia. Sementara Instagram sebanyak 74 persen pengguna.
Baca Juga: Tuduh TikTok Kerja Sama Partai Komunis, AS Akan "Ban" TikTok
Kedua media sosial tersebut banyak digunakan oleh Gen Z dan generasi yang lebih tua—milenial, Gen X, dan baby boomers.
"YouTube secara umum nomor satu di mana ada 81 persen dari pengguna media sosial yang menggunakan YouTube," ujar General Manager YouGov Indonesia, Edward Hutasoit, dalam diskusi online, Kamis (28/8/2025).
"Gen Z juga menggunakan YouTube pastinya. Tapi lebih kecenderungan atau lebih populer di antara generasi lebih tua. Instagram adalah platform yang terbanyak digunakan kedua," sambungnya.
Baca Juga: Petinggi Media Sosial Ternama Dipanggil ke Pengadilan, Ada Apa?
Generasi Lebih Tua
Ilustrasi media sosial. [Ist]Edward menjelaskan, YouTube dan Instagram cenderung lebih banyak digunakan oleh generasi yang lebih tua.
Pengguna YouTube dari kelompok generasi lebih tua mencapai persentase 84 persen, sedangkan pada Gen Z sebesar 78 persen.
Adapun persentase pengguna Instagram dari kalangan generasi lebih tua tercatat sebesar 75 persen. Sedikit lebih banyak dibanding Gen Z yakni 73 persen.
Sebaliknya, Gen Z lebih dominan menggunakan X dan Pinterest dibandingkan generasi lebih tua. Survei YouGov menunjukkan 44 persen Gen Z menggunakan X, lebih tinggi dibandingkan hanya 30 persen di kalangan generasi lebih tua.
Tren serupa terlihat pada Pinterest, yang digunakan oleh 33 persen Gen Z, lebih dari dua kali lipat dibanding generasi lebih tua yang hanya 16 persen.
TikTok Posisi Ketiga
Aplikasi TikTok. [Ist]Platform media sosial TikTok menempati posisi ketiga dengan tingkat penggunaan 64 persen. Diikuti Facebook sebanyak 61 persen, X sebanyak 37 persen, dan Pinterest 24 persen.
Platform lain yang juga tercatat adalah LinkedIn (14 persen), Quora (7 persen), Snapchat (5 persen), serta platform lainnya sebesar 3 persen.
Adapun survei YouGov berlangsung berlangsung pada 16 April–13 Mei 2025. Temuan dari survei ini diambil dari sampel daring yang mewakili populasi nasional dengan lebih dari 1.000 responden Indonesia.