Apa Latar Belakang Budi Arie Cocok untuk Menjadi Menkominfo?

FTNews – Pusat Data Nasional (PDN) Sementara 2 sempat lumpuh selama dua minggu lamanya akibat adanya serangan dari peretas bernama Brain Cipher. Pemerintah Indonesia dibuat tidak berkutik olehnya, bahkan hanya berhasil menyelamatkan beberapa data saja. Sebelum, kelompok peretas tersebut memberikannya secara “gratis” pada Rabu (3/7). Tentu, yang menjadi sorotan adalah Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), selaku kepala dari bidang ini. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah latar belakang Menkominfo Budi Arie Setiadi cocok untuk memimpin Kementerian Kominfo?

Satu hal yang mungkin cocok bagi Budi Arie untuk menjabat sebagai Menteri Kominfo adalah ia merupakan seseorang yang “ahli” dalam bidang komunikasi. Saat berkuliah di Universitas Indonesia (UI), ia mengambil jurusan Ilmu Komunikasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI.

Selama berkuliah di kampus tersebut, Budi Arie sudah tidak asing lagi dengan dunia jurnalistik. Ia pernah menjadi Redaktur Pelaksana Majalah Suara Mahasiswa UI pada tahun 1993-1994. Ia pun terus mendalami dunia jurnalisme saat ia bekerja di Media Indonesia dan Kontan.

Budi Arie pun juga terus mendalami ilmu sosial dengan melanjutkan pendidikannya di UI juga. Dengan mengambil Program Pascasarjana Manajemen Pembangunan Sosial. 

Apakah Cocok Menjadi Menkominfo?

Ilustrasi telekomunikasi. Foto: Canva

Tugas utama dari Kementerian Kominfo adalah menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika. Namun, ada beberapa fungsi yang harus sang menteri harus pahami.

Sosok Menkominfo harus menguasai kebijakan dan bimbingan teknis atas pelaksanaan pengelolaan sumber daya dan perangkat pos dan informatika. Lalu, juga pertatakelolaan aplikasi informatika, pengelolaan informasi dan komunikasi publik.

Sementara itu, berdasarkan latar belakang Budi Arie, ia menjabat sebagai jurnalis dan ahli sosial, dan aktivis. Sebelum menjadi Menkominfo, ia pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) periode 2019-2023.

BACA JUGA:   Ketua DPR RI Sampaikan Belasungkawa Tragedi Halloween Itaewon

Salah satu latar belakang yang Budi Arie tidak miliki adalah teknologi informasi atau IT. Menteri Kominfo terakhir yang memiliki latar belakang IT adalah Rudiantara saat menjabat pada periode 2014-2019. Di mana, ia merupakan profesional di bidang telekomunikasi. Ia pun pernah berkarir di Indosat, Telkomsel. Excelcomindo (XL Axiata), dan Telkom. Saat di Indosat, ia pernah menjabat sebagai anggota komisaris sebelum diangkat menjadi Menteri Kominfo.

Artikel Terkait