Argentina Juara Finalissima 2022, Messi Samai Torehan Ronaldo

Forumterkininews.id, London – Tim “Tango” Argentina memboyong gelar juara Finalissima setelah menggasak “Azzurri” Italia 3-0 dalam final yang berlangsung di stadion Wembley, London, Kamis (2/6) dini hari WIB.

Finalissima merupakan versi terbaru Piala Champions yang mempertemukan dua juara dari dua konfederasi, yakni Conmebol (Amerika Selatan) dan UEFA (Eropa). Sebelumnya pertandingan ini hanya dimainkan dua kali pada 1985 dan 1993.

Melansir laman resmi UEFA, tiga gol kemenangan juara Copa America itu disarangkan Lautaro Martinez dan Angel Di Maria saat babak pertama, tepatnya menit ke-28 dan menit ke-45+1. Sedangkan gol ketiga yang makin memantapkan kemenangan Argentina atas juara Piala Eropa 2020 itu diciptakan Paulo Dybala saat injury time babak kedua.

Bagi Italia ini kekalahan cukup telak ini membuat mereka makin terpuruk setelah gagal di kualifikasi Piala Dunia. Italia juga gagal mengulang suksesnya seperti dua tahun lalu saat mengangkat Piala Eropa setelah mengalahkan tuan rumah Inggris di final.

Sementara itu suasana suka cita mewarnai tim Argentina yang mendapat dukungan puluhan ribu fansnya di Wembley. Dimotori kapten tim Lionel Messi, Argentina menunjukkan dominasinya atas Italia.

Messi sendiri, kendati tak menyumbangkan gol, namun dia terpilih sebagai pemain terbaik laga ini.

Pemain PSG berusia 34 tahun itu tampil menawan dan impresif sepanjang pertandingan.

“Dia mengendalikan permainan sejak awal hingga akhir,” komentar panel Pengamat Teknis UEFA, melansir laman resmi UEFA.

Messi menunjukkan keterampilan yang luar biasa untuk memberikan assist kepada Lautaro Martinez. “Dia telah menunjukkan performa kelas master untuk penonton Wembley. Sangat menyenangkan untuk menyaksikannya,” lanjut panel teknis UEFA.

Dengan keberhasilan merebut trofi Finalissima 2022, bagi Messi merupakan koleksi kedua yang dia persembahkan untuk Argentina. Sebelumnya ia mempersembahkan Copa America 2021 setelah menang atas Brasil 1-0.

BACA JUGA:   Magnus Carlsen dan Pebisnis Jerman Buat Turnamen “Freestyle Chess”

Catatan lainnya, Messi kini juga menyamai pencapaian Cristiano Ronaldo (Portugal) di level internasional. Sebelumnya Ronaldo berhasil mengangkat dua trofi bersama “Selecao” Portugal, yakni juara Piala Eropa 2016 dan juara UEFA Nation League.

 

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma, Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini (Lazzari 46’), Emerson (Bastoni 77’), Matteo Pessina (Spinazzola 62’), Jorginho, Nicolo Barella, Federico Bernadeschi (Locatelli 46’), Andrea Belotti (Scamacca 46’), Giacomo Raspadori.
Pelatih: Roberto Mancini

Argentina (3-4-1-2): Emiliano Martinez, Cristian Romero (Pezzella 85’), Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico, Nahuel Molina, Rodrigo De Paul (Palacios 76’), Guido Rodriguez, Angel Di Maria (Gonzalez 90+1’), Lionel Messi, Lautaro Martinez (Alvarez 85’), Paulo Dybala.
Pelatih: Lionel Scaloni

Artikel Terkait