Bebaskan Pilot Susi Air Philip Mahrtens, Satgas Operasi Damai Cartenz Tempuh Jalur Damai

FT News – Satuan Tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz 2024 berhasil bebaskan pilot Susi Air, Philip Mark Mahrtens, setelah satu tahun lebih lamanya disandera oleh pihak Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Saat ini (21/9), Mahrtens sudah berada di Timika, Papua untuk menjalankan pengecekan medis.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2024 Brigjen Pol Dr. Faisal Ramadhani mengatakan bahwa upaya yang mereka lakukan menggunakan soft approach dibandingkan hard approach.

“Ya benar, kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, gereja, adat, dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya,” ungkap Faizal dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (21/9).

Pilot Susi Air Philip Mark Mahrtens setelah dibebaskan. Foto: Tangkapan layar X

“Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri,” lanjutnya.

Akibat dari hal ini, tidak ada pertumpahan darah dari pihak kelompok kriminal bersenjata (KKB), TNI-Polri, dan juga sipil.

Selain itu, pemilik dari Susi Air, Susi Pudjiastuti juga menanggapi keberhasilan operasi gabungan TNI-Polri ini. Ia merasa bersyukur atas upaya mereka yang berhasil membebaskan Philip Mahrtens.

“Alhamdullilah Hirrabbil Alamiin
Mendapat Kabar Captain Pilot Phillip Mehrtens telah kembali, sudah berada di Timika.” tulisnya melalui akun X pribadinya.

Ia juga berterima kasih dengan Presiden Joko Widodo, Menteri Hukum dan Pertahanan Prabowo, TNI, dan Polri atas upaya pemulangan pilotnya.

Artikel Terkait