Begini Cara Memulihkan Semangat Agar Motivasi Kerja Meningkat

FTNews - Masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) sudah berakhir. Sering kali kita merasa kurang bersemangat untuk melakukan pekerjaan setelah liburan. Mengubah pola pikir dan motivasi kerja bisa menjadi cara agar bersemangat menjalani rutinitas.

Menjalankan rutinitas pekerjaan setelah menghabiskan liburan bersama keluarga ataupun teman sejawat bukanlah hal mudah.

Kita sering lagi belum bisa move on dengan suasana liburan. Perubahan situasi dari suasana liburan dan kembali pada rutinitas kantor dikenal dengan istilah post-holiday syndrome.

Berikut ini cara mengembalikan fokus dan motivasi kerja kamu yang mengalami post-holiday syndrome.

Cara Memicu Motivasi Kerja

Ubah Pola Pikir

Cara memulihkan fokus setelah liburan akhir tahun ialah dengan mengubah pola pikir. Kamu harus move on dengan suasana liburan dan berpikir untuk kembali bekerja. Mau tidak mau, kita harus melakukan hal itu agar pikiran kita dapat teralihkan.

Kita juga perlu menata ulang pikiran, hati, serta stamina tubuh untuk menjalani rutinitas seperti sedia kala. Kamu dapat menanamkan pikiran bahwa liburan telah usai dan saatnya kembali bekerja mencari nafkah bagi diri sendiri maupun keluarga.

Temukan sumber inspirasi baru

Mencari sumber inspirasi baru dapat membantu menumbuhkan semangat setelah libur panjang. Kamu bisa memulainya dengan membaca buku, mendengarkan podcast. Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas untuk memicu semangat dan inspirasi

Susun Kembali Jadwal Kegiatan

Kamu bisa menyusun kegiatan pekerjaan setelah liburan. Tujuannya, agar kamu mengingat kembali kegiatan apa saja yang harus dilakukan. 

Tidak ada salahnya menyusun ulang jadwal kegiatan mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Kegiatan ini juga untuk melaksanakan pekerjaan prioritas sesuai jadwal.

Lakukan Hal-hal yang Menyenangkan

BACA JUGA:   Kenaikan Jumlah Penumpang Sudah Terjadi di Terminal Kampung Rambutan

Melakukan hal-hal yang menyenangkan dapat membantu memulihkan semangat. Contohnya, kamu dapat berolahraga, menonton film ataupun tv series, memasak, serta memainkan alat musik.

Luangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang kamu suka agar energi dan semangat tetap terjaga.

Tanamkan Motivasi Kerja Jangka Panjang

Kamu bisa menanamkan motivasi kerja jangka panjang sebanyak penyemangat menjalani rutinitas. Misalnya, kamu bekerja agar bisa menabung demi liburan ketika saatnya tiba.

Motivasi kerja ini juga dapat dijadikan refleksi diri bahwa bila ingin mendapatkan sesuatu harus melalui pekerjaan panjang. Perlu diakui, menanamkan hal demikian memanglah tidak mudah.

Artikel Terkait