Bobby Nasution: Medan Siap Sukseskan PON XXI Aceh-Sumut & Jadi Tuan Rumah Yang Baik

FT News – Wali Kota Medan Bobby Nasution memimpin upacara penerimaan obor api Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, Senin (9/9/2024).

Setelah 71 tahun, Provinsi Sumatera Utara, termasuk Kota Medan kembali menjadi tuan rumah pelaksanaan pesta olahraga paling bergengsi empat tahun di Tanah Air ini.

Oleh karena itu, Kota Medan siap mensukseskan sekaligus menjadi tuan rumah yang baik pelaksanaan PON XXI tersebut. Prosesi upacara diawali dengan penyerahan yang dipimpin Bobby Nasution selaku inspektur upacara.

Usai menerima obor dari pasukan kirab api, Bobby kemudian menyalakan tungku yang apinya berasal dari Gunung Merapi Jaboi, Sabang tersebut.

Setelah obor api dinyalakan, kemudian diletakkan di atas meja serta dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima api PON XXI oleh Bobby dan Ketua Pasukan Kirab Julianus Efrata.

Bobby menyampaikan atas nama Pemkot Medan menyambut gembira dan bangga dengan kehadiran berbagai elemen masyarakat Kota Medan dalam menyambut Kirab Api PON XXI.

Bobby Nasution
Wali Kota Medan Bobby Nasution menyerahkan obor PON XII Aceh-Sumut. [dok Pemkot Medan]

“Ini adalah bukti nyata dukungan Kota Medan dengan event olahraga nasional PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut,” kata Bobby.

Bobby menjelaskan bahwa sejarah PON telah melalui perjalanan yang panjang sejak pertama kali diselenggarakan tahun 1948. Provinsi Sumut menjadi tuan rumah pertama kali pada 71 tahun lalu, tepatnya tahun 1953.

“Alhamdulillah, keinginan kita bersama dan kita rindukan terkabulkan. PON XXI tahun 2024, Provinsi Sumut, khususnya Kota Medan menjadi tuan rumah kembali,” ucapnya.

Bobby Nasution menyampaikan, PON adalah salah satu acara olahraga terbesar di Indonesia yang digelar setiap empat tahun sekali.

“Acara ini menjadi panggung bagi para atlet terbaik dari berbagai provinsi di Indonesia untuk bersaing dalam beragam cabang olahraga. PON harus menjadi ajang puncak prestasi dan hasil pembinaan olahraga tingkat nasional sekaligus barometer untuk mengukur keberhasilan daerah dalam pembinaan olahraga yang dipertandingkan secara nasional,” cetus Bobby.

BACA JUGA:   BNPB Perkuat Sistem Peringatan Dini Banjir dan Kapasitas Respon Masyarakat Gorontalo

Dijelaskan menantu Presiden Jokowi ini, Indonesia yang maju tidak sebatas di bidang ekonomi, teknologi, kebudayaan, politik, dan pertahanan, tetapi juga di bidang olahraga.

“Indonesia yang maju adalah Indonesia yang juga mampu menjuarai berbagai kompetisi olahraga di tingkat dunia,” jelasnya.

Bobby Nasution
Wali Kota Medan Bobby Nasution melepas kirab api PON XXI Aceh-Sumut. [dok Pemkot Medan]

Terkait itu, kata Bobby, Pemkot Medan sangat mendukung kemajuan di bidang olahraga dalam bentuk peningkatan sarana olahraga seperti revitalisasi Stadion Teladan, revitalisasi Komplek Stadion Kebun Bunga Medan dan revitalisasi Taman Cadika Medan Johor.

Selain itu, imbuhnya, pemberian prasarana kelengkapan latihan kepada pengurus cabang olahraga yang ada di Kota Medan.

“Sebagai tolak ukur prestasi para atletnya, Kota Medan menggelar Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan serta mengikuti pekan olahraga yang digelar Provinsi Sumut,” tukasnya.

 

Artikel Terkait