Cara Mengatasi Rambut Lepek, Tampil ‘Oke’ Seharian

FTNews – Cara mengatasi rambut lepek perlu kamu tahu agar rambut bebas minyak dan lebih bervolume. Hal ini penting untuk menjaga penampilan setiap saat.

Tinggal di negara tropis seperti di Indonesia mengakibatkan masalah rambut ini kerap muncul. Penyebabnya, tubuh lebih mudah berkeringat, khususnya bila sering beraktivitas di luar ruangan.

Meski demikian, kondisi ini bukan faktor utama masalah. Penggunaan perawatan rambut, kebiasaan sehari-hari, dan jenis rambut juga bisa menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, penting untuk mengerahui cara mengatasi rambut lepek.

Cara Mengatasi

Jangan Keramas Berlebihan

Keramas dapat membersihkan kulit kepala dan rambut dari kotoran. Namun, jika kamu sering keramas sehari-sekali, sebenarnya tidak baik. Kondisi ini malah membuat rambut lebih berminyak, karena kulit kepala memproduksi minyak yang hilang.

mengatasi rambut lepek
Foto: Pexels

Oleh karena itu, kamu keramas setiap dua hari sekali agar produksi minyak di kepala dapat seimbang. Hal ini merupakan cara pertama untuk mengatasi rambut lepek.

Gunakan Dry Shampo

Dry shampo berguna berfungsi menyerap minyak berlebih di kulit kepala dan rambut, sehingga membuat kepala lebih segar. Produk ini juga dapat membuatnya lebih harum dan menyuburkan rambut.

Sayangnya, penggunaan berlebihan tidak disarankan karena dapat menambah residu yang membuat kepala terasa berpasir pada sebagian orang. Maka, disarankan menggunakan dry shampo sesekali saja.

Gunakan Shampo dan Conditioner untuk Tipe Rambut Berminyak

Menggunakan shampo dan conditioner khusus rambut berminyak dapat menjadi cara mengatasi rambut lepek. Kamu dapat memilih produk yang berbahan dasar Tea tree oil, coconut oil, Zinc pyrithione, dan Salicylic acid. Bahan ini dapat membantu mengontrol minyak di kulit kepala.

mengatasi rambut lepek
Foto: Pexels

Jangan Sering Menyentuh dan Menyisir Rambut

Kebiasaan menyentuh rambut dan menyisir rambut ternyata memiliki dampak negatif. Sering menyentuh rambut dapat membuat minyak dan kotoran pada tangan berpindah ke rambut. Efeknya, kotoran dan minyak akan semakin menumpuk.

BACA JUGA:   Gerakan Wajah Sederhana Ini Membuat Awet Muda

Sementara, terlalu sering menyisir bisa memicu produksi minyak lebih banyak. Selain itu, menyisir dapat menarik minyak kulit kepala ke dalam helaian rambut dan menambah minyak ekstra dari tangan. Oleh karena itu, untuk mengatasi rambut lepek, cobalah menghindari penggunaan sisir terlalu sering dan menyentuhnya.

Artikel Terkait