Didatangi KSAD, Mahfud: Perlakuan ke Papua Harus Sama dengan Daerah Lain

Forumterkininews.id, Jakarta- Menko Polhukam, Mahfud MD menegaskan pemerintah terus  berdialog dalam mengatasi berbagai permasalahan di Papua melalui pendekatan.

Hal tersebut sesuai amanat INPRES No.9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Hal ini dikatakan Mahfud usai menerima Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Dudung Abdurachman dan rombongan, Selasa (7/12).

“Pendekatan kesejahteraan akan digunakan. Dimana sumber daya yang dimiliki pemerintah akan difokuskan membangun kesejahteraan dalam suatu kerja yang kolaboratif, komprehensif, sesuai dengan Inpres,” jelas Mahfud MD.

Selain melakukan pendekatan kesejahteraan, Menko Polhukam menjelaskan, pemerintah terus mengutamakan dialog dalam rangka membangun Papua.

Ia kembali menegaskan Papua adalah bagian dari NKRI sama seperti wilayah di Indonesia lainnya.

“Ada yang mengatakan kita harus dialog dengan rakyat Papua, kita akan terus melakukan dialog,“ ujar Mahfud.

Mantan Menteri Pertahanan era Presiden Gusdur ini menambahkan, saat ini aparat telah mengidentifikasi wilayah yang belum kondusif di Papua, dimana masih ditemukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

“Kita sudah mapping daerah yang agak panas. Yang agak panas kan daerah tertentu saja dan orangnya itu itu saja, oleh sebab itu kita membina papua sebagai saudara kita. Papua itu saudara kita sama dengan Jawa, Sumatera, Bugis, Aceh. Papua kita perlakukan sama sebagai bagian dari NKRI,” tambah Menko Polhukam.

Sementara itu, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyatakan siap mendukung program pemerintah yang telah dicanangkan Presiden.

Salah satunya dengan menyiapkan personil – personil yang akan melaksanakan tugas operasi.

Ia menjelaskan, KSAD menitikberatkan tugas dalam pembinaan, sementara operasional berada di dalam ranah Panglima TNI.

“Kami sudah mendapat arahan dari Pak Menko, kami akan mendukung program pemerintah,” ujar Jenderal Dudung.

BACA JUGA:   Komnas HAM Akan Periksa Bharada RE di Bareskrim, Hari ini

Mantang Pangdam Jaya ini mengatakan, sesuai arahan Panglima TNI bahwa di Papua pendekatannya adalah pendekatan kemanusiaan, yaitu melakukan operasi teritorial, di dalamnya adalah pembinaan-pembinaan kepada masyarakat.

Artikel Terkait